17 Parpol Daftarkan Bacaleg di KPU Jombang, Partai Garuda Tidak Mengajukan

Jombang, Garuda tidak mengajukan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) di KPU Kabupaten Jombang untuk pemilu 2024.

Hingga batas akhir pendaftaran Minggu (14/5/5/2023) pukul 23.59 WIB, Partai Garuda tidak mendaftarkan bacaleg mereka ke KPU Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Adapun untuk partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal calon legislatif di pada jam terakhir pendaftaran adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Ummat dan .

Ketua DPC PSI Jombang Malik Mahardika Aditia Rahman mendaftarkan bacaleg ke KPU Kabupaten Jombang sekitar satu jam sebelum pendaftaran ditutup.

Setelah itu, dilanjutkan oleh Partai Buruh dan Partai Ummat melakukan seremonial penerimaan berkas pengajuan bacaleg di ruang Husni Kamil Manik KPU Jombang.

Seremonial penyerahan kedua partai tersebut dilakukan bersamaan pada menit terakhir sebelum pendaftaran KPU berakhir.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Athoillah mengatakan dari 18 partai politik peserta pemilu 2024, ada 17 partai politik yang menyerahkan pencalonan Bacalegnya ke KPU untuk pemilu 2024.

“1 partai belum sampai berakhirnya masa pencalonan ini. Jadi ada 17 yang sudah mencalonkan dan 1 (partai) tidak,” kata Athoillah kepada wartawan usai penutupan pendaftaran Bacaleg, Senin (15/5/2023) dini hari.

Athoillah tidak mengetahui secara pasti alasan atau penyebab partai politik itu tidak mengajukan Bacaleg untuk Kabupaten Jombang Jawa Timur.

“Kami tidak tahu (alasannya), tentu partainya bersangkutan yang bisa menjelaskan,” ujar Athoillah.

Dengan absennya pendaftaran Bacaleg Partai Garuda di KPU, maka dipastikan partai yang dinahkodai Ahmad Ridha Sabana itu tidak mengusung bakal calon anggota DPRD Jombang pada Pemilu 2024.

“Nyatanya tidak mencalonkan sampai batas waktu terakhir. Maknanya tidak mengajukan caleg, tidak bisa ditetapkan caleg-nya,” ujar Athoillah didampingi sejumlah komisioner KPU lainnya.

Adapun diketahui 17 partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacaleg di KPU Jombang untuk pemilu 2024 yakni, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PAN, , PKB, PPP, Golkar, PKS, Gerindra, Perindo, PKN, , , Gelora, PSI, Partai Ummat dan Partai Buruh.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.