Dua Partai Ini Resmi Daftarkan Bacaleg ke KPU Jombang di Jam Terakhir Penutupan

Jombang, Buruh dan Partai Ummat resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) di kantor KPU Jombang Jawa Timur, Minggu (14/5/2023).

Dua peserta ini menjadi partai paling akhir yang mendaftarkan bacaleg-nya ke KPU (Komisi ) Jombang.

Seremonial penyerahan kedua partai itu dilakukan bersamaan pada menit terakhir sekitar pukul 23.55 WIB atau 5 menit sebelum pendaftaran KPU.

Ketua DPC Partai Ummat Jombang Indra Riansjah Ansari menjelaskan pendaftaran Bacaleg pada menit terakhir (last minute) karena gangguan sistem pencalonan (Silon).

Kendati begitu, sebelum pukul 23.59 WIB, pendaftaran bacaleg partai besutan Amin Rais tersebut akhirnya bisa masuk di KPU Jombang.

Sebanyak 12 orang bacaleg yang didaftarkan Partai Ummat. Partai yang baru berdiri ini tidak menarget banyak peroleh kursi setempat.

“InsyaAllah kita tidak muluk-muluk, 1 atau 2 kursi di Kabupaten,” kata Indra setelah menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg, Minggu (14/5/2023) malam

Sementara itu, Ketua DPC Partai Muhammad Budiono mengatakan pihaknya mendaftarkan 28 orang bacaleg di 6 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Jombang.

“Dari 28 itu, perempuannya 12 orang. Target kursi itu 1 fraksi,” kata Budiono.

Untuk menggaet , partainya akan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama para pekerja atau Buruh. Sebab, Partai di bawah kepemimpinan Said Iqbal ini lahir untuk memperjuangkan Buruh.

Ketua KPU Jombang Athoillah seremonial penyerahan berkas Bacaleg partai Buruh dan Partai Ummat secara bersamaan karena sudah last minute.

“Mereka datang dua-duanya sudah siap masuk, kebiasaan kita ada seremonial sekitar 20 menit. Kalau satu-satu, maka yang satunya lebih dari jam 23.59. Jadi kalau satu satu akan merugikan yang lain. Terus kita rundingan juga dan partainya juga setuju ya sudah bareng. Jadi semuanya tetap dalam rentang waktu yang sudah diatur,” kata dia.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com