Kirab Tumpeng Apem Jelang Ramadan, Ada Pesan Penting Nih dari Bupati Jombang

, Jurnal Jatim – Kirab tumpeng apem Jombang menjadi agenda tahunan jelang datangnya bulan suci 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Meskipun dilaksanakan secara sederhana, namun ada sejumlah pesan Bupati Mundjidah Wahab untuk warga Jombang.

Selain permintaan maaf karena belum bisa menyelenggarakan tumpengan apem seramai tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa hal yang jadi perhatian Pemkab Jombang.

Mundjidah Wahab mengungkapkan pada bulan suci Ramadan semua warga diharapkan bisa menjaga kondusifitas dan toleransi.

“Menghormati yang menjalankan puasa, kalau tidak puasa,” ujar Mundjidah Wahab dalam konferensi pers di depan kabupaten, Selasa (21/3/2023).

Kirab Tumpeng Apem Jelang Ramadan, Ada Pesan Penting Nih dari Bupati Jombang

Pihaknya menyadari jika terjadi kenaikan harga – harga kebutuhan pokok. Namun hal itu diharapkan tidak jadi penghalang bagi masyarakat Jombang untuk melaksanakan ibadah ramadan.

“Meskipun ada kenaikan harga, sebagai umat muslim untuk meningkatkan amal ibadah, untuk mendapatkan pahala,” ujar bupati perempuan pertama di Jombang ini.

Terpenting menurut Mundjidah, masyarakat Jombang untuk selalu memperhatikan kemanan di lingkungan masing – masing. Termasuk kondisi rumah tatkala sedang melaksanakan ibadah.

“Menjaga keamanan, termasuk mencegah potensi kebakaran rumah ketika menjalankan ibadah,” ujar putri pendiri ini.

Ia mengatakan, bahwa pada bulan suci Ramadan pihak koperasi akan menyelenggarakan bazar buka puasa di sepanjang jalan Gus Dur, Jombang. Termasuk juga pihak Pemkab mengadakan takjil gratis.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Mundjidah mengingatkan warga untuk tetap memperhatikan perkembangan anak. Terutama bagi anak SMA, SMK, SMP, dan Aliyah.

“Mengawasi perkembangan anak-anak menjelang ujian nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, acara tumpengan apem yang dipusatkan di Alun Alun setempat berjalan meriah. Awalnya, tumpengan apem diangkut menggunakan tiga kendaraan.

Tumpengan dengan diameter agak besar dibawa menggunakan satu unit mobil, sementara 2 tumpeng apem lain dibawa menggunakan gerobak motor.

Memulai start di kantor Pemkab Jombang, tumpeng lantas dikirab menuju ke Alun-alun setempat. Bupati secara simbolik membuka start kirab. Semakin semarak acara diselingi dengan lantunan musik patrol.

Sesaat tumpengan sampai di warga sudah berkumpul di antara tumpengan. Setelahnya itu, tumpeng dengan susunan makanan Apem ludes dibagi-bagikan kepada warga yang hadir di sana.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com