Api Melahap Pabrik Helm di Jombang, Kerugian Mencapai Rp1,4 Miliar

, Jurnal Jatim – Api melahap di Desa Sebani Kecamatan , Kabupaten Jombang pada Jumat (18/10/2024) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

hebat itu membangunkan warga sekitar pabrik helm yang sedang tidur lelap di rumah. Warga panik hingga melaporkan pemadam kebakaran setempat.

Menurut warga, Api diketahui dari bagian belakang pabrik. Lalu dengan cepat si jago merah membesar dan membakar seluruh bangunan berikut isi di dalamnya.

“Saya kan tidur, terus dibilangin sama suami kalau pabrik helm kebakaran, saya lihat api sudah besar. Warga sini panik dengan kebakaran tersebut. Api dari belakang,” kata Nur Indayati, warga sekitar.

Wanita 39 tahun itu menyebut, sempat terdengar suara berkali-kali saat kebakaran terjadi. Ia menduga suara ledakan tersebut dari barang-barang terbakar.

“Setelah mendapat laporan warga, kami langsung meluncur ke lokasi,” kata petugas pemadam kebakaran, Riza Maulana.

Menurutnya, petugas damkar meluncurkan tiga unit mobil bumper beserta personel dari , Jombang dan , serta dua unit mobil suplai dari Pusdalops Ngoro.

Setiba di tempat kejadian, personel melakukan pengecekan sebelum melakukan pemadaman dan pembasahan di lokasi kejadian. Setelah pengecekan selesai, personel petugas menjinakkan si jago merah yang berkobar hebat.

Selang air dari mobil diarahkan ke sejumlah titik api. Hembusan angin kencang dan juga bahan-bahan di dalam ruang produksi yang mudah terbakar membuat api makin membesar.

“Estimasi kurang lebih 3 jam api baru bisa kami padamkan, mulai jam 02.30 WIB sampai jam 06.15,” kata Maulana.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa kebakaran pabrik di helm di Jombang tersebut. Hanya saja, kerugian materil akibat kebakaran hebat tersebut mencapai miliaran rupiah.

“Selain bangunan ada bahan kimia dan mesin serta bahan siap produksi helm yang terbakar. Kerugian kurang lebih Rp1,4 miliar,” katanya.

Setelah api dipastikan padam, pihak kepolisian setempat melakukan . Maulana menyebut, dugaan awal penyebab kebakaran karena korsleting listrik di dalam pabrik itu.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.