PDIP Ungkap Alasan Megawati Usung Mundjidah-Sumrambah Pilkada Jombang 2024

Jombang, – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah resmi mengusung Mundjidah Wahab-Sumrambah sebagai bakal dan wakil bupati pada Pilkada Jombang 2024.

Hal itu diketahui dari surat keputusan PDI Perjuangan nomor: 996 /KPTS/DPP/V/2024 tentang persetujuan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Jombang.

Surat ditanda tangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan sekretaris jenderal tertanggal 26 Juli 2024 itu diserahkan di kantor DPD PDIP di Surabaya, Selasa (30//2024).

Sekretaris DPC PDIP Jombang, Donny Anggun mengatakan dukungan diberikan karena elektabilitas Mundjidah-Sumrambah cukup tinggi.

“DPP melihat dari tingkat elektoralnya (Mundjidah-Sumrambah), basis massanya masing-masing masih jelas,” kata Donny di kantor DPC PDIP, Jl Brigjen Katamso, Pulo Lor, Jombang, Rabu (31/7/2024).

Mundjidah dan Sumrambah merupakan pasangan Bupati dan wakil periode 2018-2024. Selepas dari jabatannya, Mundjidah aktif di berbagai organisasi masyarakat dan partai politik.

Mundjidah Wahab menjadi ketua DPW PPP Jawa Timur dan ketua Muslimat NU Jombang. Sedangkan Sumrambah ketua KTNA Jawa Timur.

Selain elektabilitas yang tinggi, dikatakan Donny, masih ada yang belum terselesaikan saat Mundjidah-Sumrambah memimpin Kota Santri.

“Kalau secara pandangan partai masih banyak PR (Pekerjaan Rumah) yang harus diselesaikan beliau berdua, karena kemarin ada covid 19 di dua tahun pemerintahan beliau berdua. Jadi belum maksimal,” kata Donny.

Sehingga, mantan bupati perempuan pertama di Jombang itu perlu diberikan kesempatan lagi meneruskan kepemimpinan bersama Sumrambah di periode 2024-2029.

“Untuk menyelesaikan beberapa yang belum terselesaikan,” ucap wakil ketua fraksi PDIP ini.

Partai pimpinan Megawati ini  pada pemilu 2024 memperoleh 10 kursi DPRD Jombang. Dari perolehan itu, PDIP bisa mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati secara mandiri pada pilkada tahun ini.

Namun begitu, pasangan incumbent yang diusung PDIP juga telah mendapat dukungan dari PPP dan dengan mengeluarkan kepada mereka.

“PPP dengan 4 kursi, dapat tambahan dari Demokrat 6 kursi jadi menjadi 10 kursi. Ditambah PDIP 10 kursi artinya lebih dari cukup untuk mendaftar,” kata dia.

Donny menyebut DPC PDIP Jombang akan melakukan komunikasi dengan parpol lain mendukung Mundjidah dan Sumrambah. Selain itu, partai berlambang banteng moncong putih tersebut akan melakukan konsolidasi internal partai.

“Komunikasi tetap kita lakukan ke partai-partai lain, semakin banyak parpol yang bergabung maka kami bersyukur dapat memenangkan Mundjidah dan Sumrambah,” tutupnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .