oleh

Simak Baik-baik, Pesan Bupati Jombang Buat Pengurus IKABU

Jombang, Jurnal Jatim – Bupati Jombang Jawa Timur, Mundjidah Wahab memberikan sejumlah pesan kepada Ketua dan pengurus pusat IKABU (Ikatan Keluarga Alumni Bahrul Ulum) yang baru dilantik, Minggu (7/8/2022).

Pengurus yang baru dilantik adalah Faizun Amin sebagai ketua IKABU Pusat periode 2022-2026 yang menggantikan Taufiq Jalil. Pelantikan digelar di Pendopo Kabupaten Jombang.

Mundjidah Wahab mengharapkan pengurus yang baru untuk bisa mengharumkan nama Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Mundjidah, Pesantren Bahrul Ulum termasuk pesantren terbesar di Jawa Timur secara khusus, dan Indonesia secara umum. Bahkan, Pesantren Bahrul Ulum juga telah banyak melahirkan tokoh-tokoh intelektual.

Selain itu, melahirkan puluhan ribu alumni yang bergerak di berbagai sektor dan tersebar di seluruh nusantara dari masa ke masa. Karena itu dibentuklah IKABU.

Adanya IKABU diharapkan sebagai ladang untuk berkhidmat dan beribadah karena Allah SWT. Sebagai syiar dakwah, menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik antara sesama alumni maupun dengan masyayikh pesantren Bahrul Ulum.

“Serta merupakan sebuah ikhtiar kita semua untuk memajukan Bahrul Ulum dan para alumninya,” katanya menjelaskan.

Putri dari KH Abdul Wahab Chasbullah yang merupakan pendiri Ponpes Bahrul Ulum ini menyebut, 15 tahun IKABU berdiri dan telah mempunyai 26 Cabang di seluruh Indonesia.

IKABU sebagai induk utama para alumni diharapkan dapat meningkatkan peran serta alumni terhadap pengembangan Pesantren Bahrul Ulum. Mundjidah menegaskan akan mendukung kegiatan IKABU dimanapun.

Mundjidah mengemukakan setiap tahunnya sedikitnya terdapat 2000 orang santri yang dilahirkan Pesantren Bahrul Ulum. Para alumni baru itu dikelompokkan tiap daerah dan diserahkan ke pengurus daerah agar ada kesinambungan dan semakin berkembang.

“Saya meminta pengurus IKABU 2022-2026 yang baru dilantik ini untuk terus mendata alumni baru, selanjutnya ditindaklanjuti oleh pengurus IKABU di daerah,” pesan Bupati perempuan pertama di Jombang ini.

Mundjidah Wahab berharap segala bentuk program yang telah disampaikan oleh Ketua Umum IKABU dapat segera dilaksanakan.

“Saya berharap para anggota IKABU Cabang di seluruh Indonesia agar mendukung semua kegiatan yang dikoordinir Pengurus IKABU Pusat. Di antaranya menyusun data base ril anggota IKABU, Pendirian Ponpes Cabang Bahrul Ulum. Terus berinovasi, bergerak berkolaborasi di segala bidang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Mundjidah juga mengharapkan alumni membangun dan mengembangkan pondok pesantren Bahrul Ulum dengan membawa seluruh potensinya.

“Kekuatan dahsyat IKABU ini jika dihimpun secara terorganisir tentu dapat memberikan sumbangsih positif terhadap pengembangan dakwah pondok pesantren Bahrul Ulum  Tambakberas, serta akan menjadi sarana mengembangkan nilai luhur Bahrul Ulum,” kata Mundjidah.

Pada akhir pesannya, Mundjidah Wahab menyampaikan akan terus mendoakan para alumni Bahrul Ulum agar bertambah kuat, memiliki kreativitas dan inovasi sehingga bisa berprestasi terbaik di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga eksistensi IKABU ke depan dapat memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dengan menebar rahmatan lil alamin,” pungkas Bupati Jombang.

Hadir pada pelantikan tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum KH. Moh. Hasib Wahab Chasbulloh; Ketua Yayasan KH Wafiyul Ahdi, para masyayikh dan zuriyah (keturunan); Ketua dan Pengurus Pusat IKABU masa khidmat 2022-2026; serta Ketua dan Pengurus Cabang IKABU seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.