Rumah Warga Jombang Terbakar, Konyol Penyebabnya Masalah Sepele Ini

Jombang, Jurnal – Rumah Desa Badas Sumobito Kabupaten Jombang ludes terbakar, Minggu (23/6/2024). Penyebabnya .

Beruntung tidak ada jiwa maupun luka dalam insiden di rumah milik Iskak Tohari (62) itu. Namun, dapur berukuran 4×4 meter hangus dilalap si jago merah.

“Yang terbakar ruang dapur. Kerugian lebih dari lima belas juta rupiah. tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata Rido Sebastian (32), menantu dari Iskak Tohari, Minggu (23/6/2024).

Rido mengatakan, dirinya yang pertama kali mengetahui pada malam hari itu. Ia menceritakan, saat itu, kondisi listrik di rumahnya tiba-tiba padam.

Bergegas Rido keluar untuk mengeceknya. Alangkah kagetnya, ternyata ada kobaran api di ruang dapur. Spontan ia berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

“Awalnya itu mati lampu kirain gangguan. Keluar rumah dan tiba tiba di belakang ada api sudah besar. Bingung lari ke belakang menyiram air dan minta tolong ,” kata Ridho.

Upaya padaman api tak membuahkan hasil. Si jago merah bertambah besar membakar benda-benda yang mudah terbakar. Ridho dan warga kewalahan memadamkannya.

Hingga akhirnya menghubungi petugas pemadam kebakaran Mojoagung. Tak lama berselang, sejumlah petugas dan mobil Damkar tiba di lokasi.

Upaya pemadaman pun dilakukan. Petugas menyemprotkan air ke titik api. Dalam waktu singkat kobaran api berhasil dijinakkan.

“Penyebabnya dari kompor. Karena tadi masak air tapi kelupaan ditinggali pergi,” katanya.

Komandan Regu Pos Damkar Mojoagung Eko Agus Setiawan memastikan tidak ada kendala saat memadamkan api. Ia menyebut 15 menit api bisa dipadamkan.

“proses pemadaman api kami juga dibantu relawan dan petugas ,” kata Eko.

Dari kejadian tersebut, Eko mengimbau masyarakat untuk mengecek kondisi kompor dan perkakas elektronik lain sebelum meninggalkan aktivitas. Hal itu sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kebakaran.

kebakaran memang tidak bisa di prediksi, namun bisa kita cegah,” ujarnya mengimbau.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com