Tahun Ini, 11 Sekolah Dasar di Kabupaten Jombang Akan Direhab

Jombang, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Jombang siap merehab 11 dasar negeri (SDN) yang tersebar di wilayah setempat tahun ini. Rehab belasan dasar itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024.

“Total anggarannya senilai Rp7.636.125.974 atau Rp7,6 miliar,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Senen, pada Kamis (25/4/2024).

Pengerjaan masing-masing sekolah penerima berbeda. Mulai perpustakaan sekolah, pembangunan ruang laboratorium komputer, pembangunan / ruang guru, ruang UKS hingga ruang kelas, dan rehabilitasi .

“Karena tingkat kerusakan masing-masing sekolah berbeda, jenis pekerjaan bisa pembangunan maupun rehabilitasi,” ujarnya.

Senen juga mengatakan, rehabilitasi 11 sekolah dasar  berbeda dengan rehabilitasi 19 SDN dibiayai APBD yang kesemuanya menggunakan metode penunjukan langsung (PL).

“Semua pekerjaan dari DAK menggunakan metode lelang. Saat ini semua berkas sudah dalam tahap pengajuan pengadaan barang dan jasa (PBJ),” katanya.

Setelah dokumen diterima LPSE Jombang, Senen berharap secepatnya dilakukan proses lelang pekerjaan. Kendati, usai dokumen masuk ke PBJ, biasanya ada beberapa tahapan lagi. Seperti proses pendampingan yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama karena harus mengantre.

Adapun 11 SDN yang menerima rehab fisik melalui DAK itu di antaranya yakni SDN Plosogeneng 3 Kecamatan Jombang. Lalu SDN Jarak 2 Kecamatan Wonosalam, serta SDN Mojoduwur Kecamatan Mojowarno.

Kemudian SDN Krembangan 2 Kecamatan Gudo, dan SDN Balonggemek 2 Kecamatan . SDN Pulogedang 1 Kecamatan , SDN Denanyar 3 Kecamatan Jombang, SDN Madiopuro Kecamatan Sumobito, dan SDN Wonosalam 4 Kecamatan Wonosalam.

“Termasuk menjadi sekolah penerima yakni SDN Kepuhkembeng 3 Kecamatan . Serta terakhir SDN Gadingmangu 1 di Kecamatan Perak,” kata Mantan Kepala BKD PP Kabupaten Jombang tersebut.

Sementara jumlah keseluruhan pekerjaan di 11 SDN penerima tadi berjumlah 38 paket. Masing-masing satuan pendidikan bisa terdapat 3 sampai 5 kegiatan.

“Istilahnya konsolidasi, ada beberapa pekerjaan di satu SDN penerima bantuan rehab fisik melalui DAK. Namun rekanan pemenangnya tetap satu, dengan jumlah kegiatan mulai 1 sampai 5 pekerjaan,” ujar Senen.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .