Longsor Timpa Dua Rumah Warga Pacitan dan Tutup Akses Jalan Penghubung

, Jurnal Jatim – Peristiwa longsor menimpa dua warga Kebonagung, Pacitan dan menutup akses jalan di beberapa lokasi, Senin (1/4/2024) pagi tadi.

Menurut keterangan Kebonagung, AKP Giyarno, hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang terjadi dini hari hingga pagi menjadi pemicu terjadinya longsor.

Sekitar pukul 05.00 WIB, longsor menimpa rumah Tukiman waega Dusun Batulapak, Kalipelus. Satu jam kemudian, longsor kembali terjadi di rumah Suratno di Dusun Krajan, Desa Karangnongko.

Selain menimpa dua rumah warga, longsor juga menutup sebagian Jalan penghubung Desa Purwoasri dengan Karangnongko dan Jalan Dusun Nyemono, Desa Plumbungan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian materiil mencapai Rp30 juta,” kata Giyarno dalam keterangan tertulis, Senin (1/4/2024).

Menurut Giyarno, Petugas gabungan dari Forkopimca Kebonagung, , Babinsa, dan setempat segera turun tangan untuk menangani situasi.

“Kami langsung turun ke lokasi setelah ada kejadian longsor tersebut,” katanya.

Giyarno mengungkapkan langkah-langkah telah dilakukan pasca itu. Antara lain memberikan imbauan kepada warga sekitar agar selalu terhadap potensi bencana alam.

Kemudian membantu warga membersihkan longsoran.  Selain itu melakukan koordinasi dengan Pacitan dan Dinas PU Kabupaten setempat untuk penanganan lebih lanjut.

Giyarno, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama di musim hujan.

“Segera melapor kepada aparat desa atau kepolisian jika terjadi tanda-tanda tanah longsor,” ujar Giyarno mengimbau.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com