Arus Mudik dan Balik 2024, 1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Jombang-Mojokerto

Jombang, Jurnal Jatim – PT Astra -Mojokerto (Jomo) memprediksi 1,2 juta kendaraan melintas di ruas Tol Jombang – Mojokerto pada arus mudik dan balik 2024.

Rincinya sebanyak 71.000 kendaraan akan melintas pada puncak arus mudik 2024 yang diperkirakan terjadi pada Senin, 8 April 2024.

Kemudian pada Minggu, 14 April 2024 dengan estimasi 99.000 kendaraan yang akan melintas.  Jumlah ith meningkat 5,2 persen dibandingkan lebaran tahun lalu.

Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jomo, Yuni Rihal mengatakan, mengantisipasi tingginya mobilitas telah dilakukan sejumlah persiapan.

Selain melakukan persiapan dengan PJR III, Astra Tol Jomo juga menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang digunakan untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

“Secara total akan ada 200 petugas yang siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan,” kata Yuni dalam di kantor Astra Tol Jombang, Rabu (3/4/2024).

Menurut Yuni, layanan lalu lintas jalan tol juga disiagakan dalam kondisi prima, terdiri dari 3 mobil , 1 mobil rescue, 2 ambulans dengan perlengkapan lengkap, serta 4 mobil derek.

Astra Tol Jomo berkolaborasi dengan Astra World menyiapkan bengkel Astra Siaga Lebaran yang berada di rest area KM 695 A 'Teras Melati'. Pengguna jalan dapat memanfaatkan layanan periksa kendaraan sambil berisitirahat.

Selain itu, untuk memastikan kecukupan BBM, Astra Tol Jomo juga berkoordinasi dengan Pertamina menyediakan SPBU modular di rest area KM 695 A ‘Teras Melati' dan KM 678 B ‘Teras Dipa'.

“Untuk pengguna kendaraan listrik, Astra Tol Jomo menyediakan fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik ultra fast charging gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati',” imbuhnya.

Pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman karena tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol.

“Segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan,” ucapnya.

Sedangkan untuk menghindari kepadatan yang mungkin terjadi di rest area, Yuni mengimbau untuk selalu mempersiapkan diri dengan mengisi bahan bakar dan elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Bila terjadi kepadatan di rest area, kami menyarankan agar pengguna jaladapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan,” imbaunya.

Dia melanjutkan, sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan lalu lintas, Astra Tol Jomo memberikan apresiasi diskon tarif tol sebesar 20 peraen untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan secara menerus.

Diskon itu berlaku untuk semua golongan kendaraan yang masuk dari GT (Gerbang Tol) Banyumanik ke GT Bunder (dan sebaliknya), atau dari GT Banyumanik ke GT Warugunung (dan sebaliknya).

Diskon berlaku pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB dan 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Besaran diskon untuk golongan I sebesar Rp11.000, golongan II & III sebesar Rp18.500 dan golongan IV & V sebesar Rp22.000. Potongan iti berlaku untuk transaksi tol menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup.

“Kami berharap pengguna jalan dapat menggunakan kesempatan ini agar terhindar dari kepadatan arus lalu lintas pada ,” ujarnya.

Astra Tol Jomo senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Memeriksa kendaraan sebelum digunakan, menjaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara, mematuhi batas kecepatan di jalan tol.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com