Warga Jombang Berebut Gunungan Hasil Bumi saat Bersih Desa Sambut Ramadan 2024

Jombang, Jurnal Jatim – Ratusan warga berebut hasil bumi yang dijadikan gunungan tumpeng di Miagan, Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang , Sabtu (2/4/2024).

Warga rela berdesak-desakan merebutkan hasil bumi dengan harapan mendapatkan keberkahan di acara menyambut yang sebentar lagi tiba.

Seperti dikatakan oleh Siti Farikhah (54) warga desa setempat. Siti ikut berebut hasil bumi berupa dan buah pada gunungan tumpeng. Siti mengaku mendapat beberapa buah dari gunungan tumpeng.

“Ini dapat kubis, nanas, terong dan lainnya,” kata Siti kepada wartawan di lokasi acara.

Siti selalu ikut rebutan gunungan di desanya dengan harapan agar diberi , rezeki lancar dan desanya semakin maju.

“Rasanya senang, semoga berkah, harapan supaya terus maju,” kata dia.

Tumpeng hasil bumi rutin ini merupakan warga desa setempat, digelar setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur petani akan melimpahnya hasil panenan sekaligus menyambut datangnya Ramadan 2024.

Sebelum diperebutkan, warga mengarak gunungan berbagai hasil bumi di antaranya berupa sayur dan buah. itu diarak menuju lapangan desa.

Belum sampai tiba di lapangan yang menjadi pusat acara, gunungan hasil bumi yang diarak itu diadang warga. Aksi rebutan pun tak terelakkan. Dalam waktu singkat ludes tak tersisa.

Kepala Desa (Kades) Miagan, Antok Budi Subagyo mengatakan, acara itu digelar dalam rangka gelar potensi desa setempat.

“Ini juga rutinitas tiap tahun. Kebetulan bersamaan dengan acara bersih desa untuk menyambut Bulan Ramadan,” kata Antok.

Ia mengatakan, acara tersebut diikuti seluruh warga dari 25 RT di desa itu. Masing-masing RT membawa gunungan hasil bumi.

Selain itu, panitia juga menyediakan satu tumpeng induk di lapangan desa setempat. Tumpeng itu untuk dimakan secara bersama-sama.

“Alhamdulillah semuanya antusias dan seluruh warga ikut berpartisipasi dalam acara ini,” katanya.

Antok menambahkan acara itu sebagai rasa syukur pada leluhur desa setempat yang sudah memberi berkah sehingga masyarakat semakin makmur dan diberikan kelancaran.

Dapatkan update  menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .