Umi Kulsum Jadi Perempuan Pertama Kepala Kemenag di Jawa Timur

, Jurnal Jatim – Umi Kulsum jadi pertama yang menjabat Kepala () di Jatim (Jawa Timur) usai dilantik kepala Husnul Maram, pada Jumat (1/3/2024).

Umi Kulsum dilantik sebagai Kepala Kantor Kemenag Tuban. Umi Kulsum bersamaan administrator lain, yakni Fandi sebagai Kepala Kemenag Situbondo dan Aries Papudi sebagai Pembimbing Masyarakat Katolik Kemenag Jatim.

Maram mengungkapkan Umi Kulsum adalah Kepala Kemenag pertama dari perempuan di Jawa Timur.

“Di provinsi lain, Kepala Kantor Kemenag dari perempuan bukanlah hal baru. Di Jawa Timur ini adalah pertama sepanjang ,” ungkap Maram.

Menurutnya, hal itu memberikan gambaran kepada semua bahwa di Indonesia, dalam jabatan apapun tidak membedakan laki-laki maupun perempuan.

“Di Jawa Timur, sudah banyak jabatan penting dijabat oleh perempuan. Bahkan kita yang terakhir adalah perempuan. Presiden, perdana menteri, menteri, bupati sudah banyak yang dijabat perempuan,” katanya.

Maram juga menjelaskan wacana KUA (Kantor urusan agama) ke depannya untuk seluruh agama. Hal itu karena Kemenag adalah Kementerian untuk seluruh agama.

“Wacana yang baik dan ditunggu masyarakat Indonesia adalah KUA dulunya perpanjangan tangan Bidang Urais (Urusan Agama Islam), ke depan adalah untuk seluruh agama,” ujar dia.

Maram berpesan kepada pejabat yang baru dilantik  agar segera menyesuaikan dengan tugas baru. Sebagai pemimpin harus dapat mengayomi semua dan menjadi orangtua bagi semua masyarakat.

Pria yang memiliki dua anak tersebut juga mengingatkan agar tidak ada blok-blokan atau keberpihakan yang tidak sama.

”Semua harus dilayani sama dan sebaiknya-baiknya,” tegas Kepala Kemenag Jatim asal Gresik ini.

Ia juga mengingatkan agar para pejabat yang dilantik melaksanakan sumpah dan tidak mementingkan urusan pribadi.

“Seringlah bersilaturahmi ke tokoh tokoh supaya kehadiran Kemenag betul betul dirasakan oleh umat dan Jawa timur,” kata Maram menutup. (*)

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .