Safari Ramadan di Jombang, Menkopolhukam Ungkap Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

Jombang, Jurnal Jatim – Menkopolhukam ( Koordinator Bidang , Hukum, dan Keamanan RI) Hadi Tjahjanto ungkap upaya pembebasan Pilot Susi saat Safari Ramadan di Pondok Pesantren , Jombang, Jawa Timur, Rabu (27/3/2024)

Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens sudah satu tahun satu bulan disandera oleh kelompok bersenjata ().

Hadi mengungkapkan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan tokoh-tokoh Papua agar dapat segera membebaskan pilot Susi air yang disandera sejak 27 Februari 2023.

“Kita terus berkoordinasi melalui tokoh-tokoh yang ada di papua dan itu terus kita laksanakan trs kami berkoordinasi supaya Kapten Philip Mark Merthens  ini segera dibebaskan,” ungkapnya di Ponpes Tebuireng Jombang.

“Kemarin ketemu dengan tokoh Nduga, termasuk tokoh agama. Kita berupaya untuk bisa membebaskan Kapten Pilip,” lanjut Hadi Tjahjanto kepada wartawan.

Mantan menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini meyakini bahwa Pilot Susi Air akan segera dibebaskan oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

“Dan Kapten Philip diinformasikan dalam kondisi baik, sehat dan mudah mudahan saja segera dibebaskan, saya yakin segera bebas,” tandas mantan tersebut.

Diketahui, Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens disandera oleh kelompok KKB di Papua sejak Februari 2023 silam, setelah mendarat di lapangan terbang Paro, Papua Pegunungan.

yang dihimpun, penyanderaan berawal pesawat Susi Air yang diterbangkan Philip tiba di Bandara Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah, pada Selasa, 7 Februari 2023.

Sesaat setelah mendarat, pesawat langsung disabotase Egianus Kogoya bersama buahnya. Hal itu membuat pesawat nomor penerbangan SI 9368 itu langsung dilaporkan hilang kontak.

Tidak lama berselang, pesawat itu kembali memunculkan pemancar sinyal darurat sebagai bentuk tanda-tanda terkait pesawaat yang dikendalikan oleh Kapten Philip Mark Marthens.

Ketika maskapai Susi Air menanggapi dan mengirimkan pesawat lain ke lokasi, pesawat Susi Air ditemukan telah dibakar oleh kelompok KKB, sedangkan sang pilot dibawa sebagai sandera.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .