Prabowo Unggul Telak di Jawa Timur, Suara Anies dan Ganjar Sebegini

, Jurnal Jatim – Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden RI nomor urut 2 Prabowo Subianto- unggul telak meraih 16.716.603 suara di Jawa Timur, pada Pemilu 2024.

Hal itu berdasar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi  KPU Jatim yang selesai pada Senin (11/3/2024), menyebutkan pasangan -Cawapres RI nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menempati urutan kedua dengan perolehan 4.492.652 suara.

Pasangan Capres-Cawapres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 4.434.805 suara.

Dari hasil rekapitulasi suara di provinsi Jawa Timur, Prabowo-Gibran menang 36  di daerah di Jatim. Pasangan yang diusung oleh Maju (KIM) itu hanya kalah di Sampang dan Pamekasan.

Di dua daerah di kawasan Madura tersebut, perolehan suara dimenangkan pasangan Anies-Muhaimin ().

Sementara, kemenangan terbesar Prabowo-Gibran didapat di tiga daerah yaitu Kabupaten Malang dengan 1.077.108 suara. memperoleh 992.304 suara dan Kabupaten dengan 967.301 suara.

Lekapitulasi suara di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jatim berlangsung sejak 3 Maret.

Secara bergantian, KPU di 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur menyampaikan hasil rekapitulasi suara dalam rapat pleno yang berlangsung di Shangri-La Surabaya.

Pada proses final rekap iti, saksi dari paslon nomor urut 1 yakni pasangan Amin dan saksi dari pasangan Ganjar-Mahfud menyatakan menolak meneken hasil rekapitulasi Pilpres. Hanya saksi dari Paslon Prabowo-Gibran yang bertandatangan.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menjelaskan, setelah rekapitulasi suara di tingkat provinsi ini selesai, pihaknya akan membawa hasil itu kepada KPU RI.

“Khususnya untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dan DPD,” ujar Aang. [*]

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com