Lihat, Permukiman Warga di Jombang Terendam Banjir, 500 KK Terdampak

, – Hujan deras dan luapan menyebabkan merendam pemukiman Kebondalem Kademangan Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (6/3/2024).

“Banjir di dalam rumah ketinggian air 80 centimeter, kalau di luar sekitar 2 meter,” kata warga Kademangan, Herlina (40).

Herlina menyampaikan banjir mulai masuk permukiman warga sekitar jam 03.00 WIB dini hari tadi. Banjir tersebut hampir terjadi setiap tahun. “Udah biasa (banjir), jadi tidak mengungsi,” ucap Herlina.

Sementara Kepala Dusun Kebondalem, Desa Kademangan Irwan Susanto mengungkapkan banjir merendam area permukiman warga dengan ketinggian air bervariasi hingga mencapai dua meter.

“Terdampak 500 KK, dengan kondisi banjir terdalam sekitar 1,5 meter,” ungkapnya.

Irwan menjelaskan, wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa jam sejak Selasa (5/3/2024) pukul 21.00 WIB hingga Rabu (6/3/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

Kondisi tersebut membuat daerah aliran sungai meluap hingga menyebabkan area permukiman warga terendam air.

“Hujan deras membuat sungai Catakbanteng Gambiran dan di wilayah Mojotrisno meluap masuk rumah warga,” ujarnya.

Selain di wilayahnya, dikatakan Irwan, banjir juga merendam sejumlah Desa lainnya, yakni Tanggalrejo, Dukuhmojo, Mancilan, Betek dan Karobelah Kecamatan Mojoagung.

Saat ini luapan banjir di area permukiman warga Kademangan perlahan mulai surut. Pun begitu, dikatakan Irwan, ketinggian air masih mencapai 40 centimeter.

“Upaya saat ini kami bersama relawan evakuasi warga terdampak banjir ke . Di sini juga ada tim kesehatan juga. Di Posko kita suplai ringan seperti roti dan air mineral,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com