Bakar Sampah, Rumah Warga Kutorejo Nganjuk Ludes Terbakar

, Jurnal Jatim akibat dari perlu diwaspadai. Sabtu (23/3/2024) siang, satu rumah warga Nganjuk ludes terbakar. Untungnya kerugian diperkirakan tidak terlalu besar.

Bangunan rumah yang ludes terbakar itu berupa gudang, berlokasi di RT 01, RW 01 Kutorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, .

Menurut penuturan kepala dinas dan penyelamatan Nganjuk, Sujito, api melahap bangunan rumah milik Catur Agil Saputra (32) sekitar pukul 12.30 WIB.

“Api merembet begitu cepat dan membakar rumah tersebut. Awalnya pemilik rumah ,” ucap Sujito, tertulis, Sabtu (23/3/2024) malam.

Kronologi peristiwa itu bermula saat pemilik rumah, Catur membakar tumpukan sampah di belakang rumahnya, sekitar pukul 12.10 WIB.

“Kemudian, sampah yang masih menyala itu ditinggal Catur ke luar rumah,” kata Sujito.

Ternyata itu sudah menjalar ke belakang gudang. Mengetahui kejadian itu, Catur pulang lalu bersama warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun angin yang cukup kencang akhirnya api mulai membesar dan warga kewalahan memadamkan api. Lalu, warga menghubungi petugas damkar Nganjuk.

“Warga gotong royong madamin api dengan peralatan seadanya. Sampai damkar datang ke lokasi,” ujarnya.

Sujito, tidak kesulitan memadamkan api. Sebab, akses mudah dijangkau. Menurut Sujito, si Jago merah berhasil dipadamkan sekitar 30 menit kemudian.

”Ketika petugas pemadam kebakaran tiba di sini, kobaran api sudah hampir padam. Lalu dilakukan pembasahan,” tuturnya.

Sujito menduga bahwa kebakaran itu dipicu api dari pembakaran sampah. Sebab, di sebelaj lokasi kebakaran tersebut, terdapat tempat pembakaran sampah.

Api dari pembakaran sampah tersebut diduga menjlara ke rumah gudang, sehingga meludeskan seluruh bangunan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta, berupa satu bangunan gudang ludes terbakar.

Sujito mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kebakaran, baik itu kebakaran rumah maupun kebakaran lahan dan hutan.

“Kami imbau jangan membuat sumber api maupun meninggalkan sembarangan. Selain itu tolong jika bepergian rumah dicek dulu,” imbaunya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .