Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Dua Desa Wilayah Jombang Ini Cukup Berat

, Jurnal Jatim – Pendistribusian logistik (pemilihan umum) 2024 di 2 Desa wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur medannya cukup berat.

Ketua (Komisi Pemilihan Umum) Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi menjelaskan ada lima titik di Kecamatan Plandaan yang memiliki lokasi sangat berat.

“Bahkan lokasi TPS nya juga sulit dijangkau. Ada di 2 desa di Kecamatan Plandaan, yakni Jipurapah dan Pojokklitih,” kata Burhan, Kamis (1/2/2024).

Kedua desa di daerah pinggiran tersebut dianggap memiliki lokasi distribusi logistik pemilu yang sangat berat.

Jalur menuju lokasi berlumpur ketika . Selain itu juga harus melintasi . Sehingga pendistribusian logistik diperlukan kendaraan khusus untuk menuju desa yang ada di pinggiran tersebut.

“Distribusinya kan lewat sungai, lewat jalan yang bukan jalan, kalau di pemilu 2019 kami difasilitasi dengan khusus offroad,” katanya.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, KPU Jombang melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, terutama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang.

Salah satu koordinasi dengan BPBD itu untuk melakukan mitigasi bencana.

“Ini kita koordinasikan dengan BPBD, dan Pak Pj   sudah memerintahkan OPD-OPD yang itu untuk menyiapkan itu,” ujar Burhan.

Lebih lanjut Burhan menjelaskan, sesuai rencana, pengiriman logistik ke masing-masing kecamatan atau PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) akan dilakukan KPU Jombang pada 8 Februari 2024.

Logistik pemilu akan dikirim ke 21 PPK. Selanjutnya, disimpan di gudang PPK untuk sementara waktu.

“Distribusi perencanaan kami tanggal 8, arahan provinsi disarankan untuk tidak lama-lama di PPK. Karena kondisi PPK di setiap kabupaten tidak sama. Akan tetapi alhamdulillah 100 persen gudang di PPK kita siap, artinya aman dari gangguan manusia maupun alam,” ucapnya.

Kemudian, ditegaskan Burhan, pada H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan pemungutan suara (coblosan), seluruh logistik dikirim ke masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Logistik sampai di TPS 1 hari sebelum pemungutan suara, itu sesuai dengan undang-undang. Jadi tanggal 13 Februari 2024 logistik pemilu sudah ada di TPS,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com