Nurkholis Jadi Pj Wali Kota Probolinggo dan Rudi Arifiyanto Sebagai Pj Bupati Sampang

, – Nurkholis resmi menjadi Pj (penjabat) Probolinggo dan Rudi Arifiyanto jadi Jawa Timur.

Keduanya dilantik Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Selasa (30/1/2024) malam.

Nurkholis merupakan Kepala Dinas dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur. Sedangkan Rudi Arifiyanto adalah Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Nurkholis dilantik sebagai Pj Wali berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3 76 Tahun 2024 tanggal Januari 2024 menggantikan Hadi Zainal Abidin yang purna tugas per 30 Januari 2024.

Sementara Rudi Arifiyanto dilantik sebagai Pj Bupati Sampang  berdasarkan SK Mendagri Nomor 100.2.1.3/0501/OTDA tertanggal 7 Januari 2024 menggantikan Slamet Junaidi yang purna tugas per 30 Januari 2024.

Nurkholis dan Rudi akan menjabat sebagai Pj Wali Kota Probolinggo dan Pj Bupati Sampang hingga terpilihnya Wali Kota dan Bupati definitif.

Khofifah berpesan pembangunan yang sudah baik di Kota Probolinggo diharapkan bisa dilanjutkan dan ditingkatkan.

Selain itu yang patut diapresiasi, UMKM di Probolinggo mengalami kesuksesan yang luar biasa dengan dikenal lebih luas, pemasarannya sangat bagus, dan kreativitas yang sudah dibangun oleh Wali kota 2019-2024 juga sudah luar biasa.

“Oleh sebab itu efektivitas ini saya harap bisa diteruskan oleh Pak Pj Wali Kota Probolinggo Nurkholis ke depan,” kata Khofifah.

Tidak hanya itu, Khofifah juga berpesan tentang empat hal yang menjadi amanah dari Presiden bagi setiap kepala daerah terkait penerapan Reformasi Birokrasi (RB) Berdampak.

Berikutnya adalah meningkatkan investasi. Saat ini Jatim pun capaian realisasi investasinya sudah sangat signifikan dan melampaui rata-rata nasional baik PMA maupun PMDN.

Pun begitu dengan maksimalisasi digital IT. Dikatakan gubernur bahwa SPBE Jawa Timur telah menorehkan prestasi dengan menjadi yang terbaik di antara seluruh provinsi di .

“Keempat adalah melaksanakan program aktual dari Presiden. Sesuai arahan presiden kebetulan yang dijadikan contoh adalah e-katalog dari Pengadaan Barang dan Jasa. Dan ternyata e-katalog PBJ dari semua provinsi di Indonesia terbanyak adalah dari provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Sedangkan untuk Pj Bupati Sampang, Khofifah berpesan supaya sesegera mungkin meneruskan program kerja kepala daerah sebelumnya.

“Pak Pj Bupati Sampang, PR bapak masih banyak yang perlu diselesaikan, mudah-mudahan segera beradaptasi pak Rudi, dan menjalankan tugas,” ucapnya.

Menurutnya, perlu akselerasi program kerja dan sinergi berbagai institusi selama menjalankan tugas di Kabupaten Sampang. Hal itu penting agar percepatan penurunan stunting terus dijalankan.

“Perlu inovasi yang bisa memberikan percepatan seperti suksesnya Sampang menurunkan stunting, peningkatan IPM yang signifikan,” katanya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com