66 Rumah Warga di Kabupaten Sumenep Rusak Dihajar Puting Beliung

Sumenep, – 66 rumah di dua di rusak setelah disertai angin puting beliung.

Selain rumah warga, serta gedung pendidikan di Kecamatan Saronggi dan Batuan, Kabupaten Sumenep juga rusak dihajar angin puting beliung.

Tagana Dinsos Sumenep telah merespons kejadian itu dengan turun lapangan untuk melakukan penanganan.

Petugas keposkoan Tagana, Atmoyono, menyebutkan, bencana angin puting beliung melanda Sumenep pada Selasa (9/1/2024), pukul 13.45 WIB

Akibat kejadian tersebut setidaknya 66 unit rumah milik warga mengalami rusak ringan hingga berat.

“Data hasil asesmen dan kaji cepat kami mencatat, di Jln Raya Trunojoyo Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, ada 57 unit rumah rusak ringan hingga berat, gedung sekolah SDN Nambakor, sekolah TK, dan balai desa rusak ringan, kemudian tiga ekor ayam mati,” kata Atmoyono, dikutip di laman resmi Dinsos , Kamis (11/1/2024).

Sementara di Desa Patean, Kecamatan Batuan terdapat 9 rumah warga dan 1 musala rusak ringan dan sedang.

Selain itu, fasilitas umum berupa tiang lampu milik di pinggir jalan raya juga roboh hingga sempat menghambat .

Selain Tagana Sumenep, penanganan juga terkoordinasi dengan pihak desa setempat dan melibatkan BPBD, Forkopimka, aparatur desa, serta warga sekitar.

Ketua Tagana Kabupaten Sumenep, Abdul Malik telah menginstruksikan kepada semua anggotanya untuk selalu siaga dan segera mengomunikasikan secepatnya ketika ada kejadian atau mendapat informasi terjadinya bencana.

“Mengingat besarnya potensi bencana memasuki musim penghujan ini, maka kami siagakan seluruh anggota di darat maupun kepulauan. Diharapkan juga kepada Masyarakat agar segera menghubungi call center kami ketika ada kejadian. Dengan demikian, diharapkan dampak bencana dapat ditekan dan diminimalisir,” imbuhnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com