KPU Jombang Butuh 27.006 Petugas KPPS Pemilu 2024, Honor Naik Dua Kali Lipat

, – Komisi () Jombang membutuhkan 27.006 petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pada .

Jumlah tersebut sebagai kebutuhan dalam melaksanakan pemungutan suara di 3.858 TPS yang tersebar pada 21 Kecamatan di Jawa Timur.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jombang Rita Darmawati menyampaikan pihaknya sudah mulai bersiap melakukan perekrutan KPPS untuk pemilu 2024.

”Kita kemarin sudah melakukan sosialisasi kepada ketua dan anggota, sekretaris PPK dan staf PPK se-Kabupaten Jombang dan kami minta teman teman setelah ini langsung bergerak di lapangan dengan semua arahan terkait dengan pembentukan KPPS untuk pemilu 2024,'' ujar Rita kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Rita mengatakan, pendaftaran petugas KPPS akan dimulai pekan depan, mulai 11-20 Desember 2023.

Calon anggota KPPS nanti yang mendaftar harus masuk ke SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc).

“Di situ nanti calon anggota KPPS akan memperoleh akun dengan cara login dulu aktivasi dan bisa melampirkan semua persyaratan dan upload di SIAKBA,'' ujarnya.

Rita berharap kepada masyarakat Jombang untuk bisa bergabung sebagai penyelenggara pemilu 2024 di kabupaten Jombang.

“Bersama-sama kita sukseskan pemilu ini dengan baik,'' tandasnya.

Ia lalu menambahkan, honor KPPS pemilu 2024 naik dibanding Pemilu sebelumnya. Jika pada , ketua KPPS mendapatkan honor Rp550 ribu per bulan.

Kemudian, pada Pemilu 2024 naik jadi Rp1,2 juta per bulan. Begitu juga untuk anggota KPPS dari sebelumnya Rp500 ribu per bulan menjadi Rp1,1 juta per bulan.

”Ya memang ada kenaikan dibandingkan Pemilu 2019,'' kata Rita menandaskan.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com