Kemenag Jatim Terima Penghargaan Moderasi Beragama Award 2023

, Jurnal Jatim – Kepala Kantor wilayah (Kanwil) Jatim Husnul Maram menerima penganugerahan dari Kemenag RI.

Maram menerima untuk kategori Kanwil Kemenag yang Paling Aktif Berpartisipasi dalam Pengembangan SDM Kementerian Agama.

Penghargaan diberikan pada Malam Kebudayaan Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika Amerika Latin (KMBAAA) di Bandung, pada Rabu pekan lalu, (20/12/2024).

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Litbang dan Diklat Kemenag. Penghargaan diberikan kepada sejumlah pihak, mulai dari Kanwil Kemenag Provinsi, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Perguruan Tinggi Negeri, hingga Duta Besar negara sahabat.

Hadir sejumlah perwakilan negara, antara lain Mesir, India, Malaysia, dan lainnya. Hadir juga, Dirjen dan Diplomasi Publik Kemenlu, Dirjen Bimas Hindu, pimpinan Balitbang Diklat Kemenag, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), dan para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RU, Suyitno, menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak dalam penguatan moderasi beragama.

Menurutnya, pengumuman dan pemberian Moderasi Beragama Award sengaja dilakukan pada momen KMBAAA di Bandung untuk mengambil inspirasi dari semangat Konferensi Asia Afrika 1955.

“Di Gedung Merdeka Bandung, kita diingatkan kembali peristiwa 1955 dengan semangat Asia Afrika agar semangat Dasasila Bandung menjadi inspirasi dalam membangun perdamaian dunia dengan lebih mengedepankan isu kemanusiaan,” kata Suyitno.

“Malam kebudayaan menjadi wahana bagaimana digunakan sebagai sebuah kebijakan menjunjung tinggi nilai budaya agar menjadi titik temu dalam membangun sisi-sisi kemanusiaan,” lanjut dia.

Penghargaan yang diberikan, kata Suyitno, didasarkan hasil penilaian dan telaah tim yang dibentuk Badan Litbang dan Diklat Kemenag atas kinerja selama 2023. Berikut daftar nama penerima Moderasi Beragama Award 2023:

1. Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Tertinggi tahun 2023.

2. Kanwil Kemenag Bali sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Penerimaan Umat Beragama terhadap Keragaman Budaya Tertinggi tahun 2023

3. Kanwil Kemenag Jawa Tengah sebagai Kanwil Kemenag dengan Pelatihan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Terbanyak

4. Kanwil Kemenag Nangroe Darussalam sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Penerimaan Umat Beragama terhadap Keragaman Budaya Tertinggi.

5. Kanwil Kemenag Jawa Timur sebagai Kanwil Kemenag yang Paling Aktif Berpartisipasi dalam Pengembangan SDM Kementerian Agama

6. Kedutaan Besar sebagai Kedutaan Besar Asing Paling Berkontribusi dalam Pengembangan SDM Kementerian Agama

7. Kedutaan Besar Mesir sebagai Kedutaan Besar Asing Pendukung Program Penguatan Moderasi Beragama

8. Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri Perintis Program Penguatan Moderasi Beragama

9. Universitas Gajah Mada sebagai Perguruan Tinggi Negeri Perintis Program Penguatan Moderasi Beragama

10. UIN Raden Intan Lampung sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Paling Responsif dalam Penguatan Moderasi Beragama

11. IAIN Ambon sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Paling Inovatif dalam Penguatan Moderasi Beragama

12. Kementerian Keuangan sebagai Kementerian Paling Suportif dalam Penguatan Moderasi Beragama

13. Kementerian Luar Negeri sebagai Kementerian Paling Aktif Mempromosikan Moderasi Beragama sebagai Diplomasi Publik

Pada kesempatan yang membahagiakan tersebut, Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram menyampaikan rasa syukurnya atas perolehan award malam itu.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja cerdas para ASN Kemenag Jawa Timur serta dukungan dari berbagai pihak, kita dapat meraih prestasi pada Moderasi Beragama Award ini,” ujarnya.

Pria asal itu berharap raihan itu dapat semakin termotivasi untuk berpartisipasi mewujudkan kehidupan beragama masyakarat Indonesia yang moderat.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com