14 Calon Petugas KPPS Lapas Jombang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

, – Sebanyak 14 orang calon anggota Kelompok Penyelenggara () Jombang menjalani pemeriksaan di klinik lapas setempat.

Pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuhnya prima dan siap bertugas di TPS yang akan ditentukan. Hal itu dilakukan sesuai arahan dari KPU Kabupaten Jombang.

Pokok data tes kesehatan yang harus ada dalam Surat Kesehatan Jasmani meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol.

Di samping itu, pelamar petugas KPPS juga harus sehat secara rohani yang menunjang kesehatan jasmaninya.

Kasie Binadik Lapas Jombang, RD Epa Fatimah menyampaikan surat keterangan sehat itu akan digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam perekrutan anggota KPPS.

Pemerikasaan kesehatan dilakukan oleh petugas medis dan Perawat Klinik Lapas Jombang.

“Hasilnya, semua dalam kondisi baik, yang penting jaga pola makan supaya siap menjalankan tugas sebagai anggota KPPS,” ujar Epa Fatimah, Selasa (19/12/2023).

Kepala Lapas Jombang Margono berpesan agar persyaratan menjadi anggota KPPS pemilu 2024 segera dilengkapi dan nantinya anggota yang terpilih dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Mari kita sukseskan Pemilu ini dan saya berharap tetap menjaga netralitas kita,” kata Margono yang senada dengan penyampaian Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Komisi (KPU) Jombang telah membuka pendaftaran petugas KPPS mulai 11 hingga 20 Desember 2023 nanti.

KPU Jombang membutuhkan 27.006 petugas KPPS pada pemilu 2024. Jumlah itu sebagai kebutuhan melaksanakan pemungutan suara di 3.858 TPS yang tersebar pada 21 di Kabupaten Jombang.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jombang Rita Darmawati menyampaikan pihaknya sudah mulai bersiap melakukan perekrutan KPPS untuk pemilu 2024.

”Kita kemarin sudah melakukan sosialisasi kepada ketua PPK dan anggota, sekretaris PPK dan staf PPK se-Kabupaten Jombang dan kami minta teman teman setelah ini langsung bergerak di lapangan dengan semua arahan terkait dengan pembentukan KPPS untuk pemilu 2024,'' ujar Rita kepada wartawan, Jumat (8/12/2023) lalu. (*)

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com