Begini Kata Anies Baswedan Seusai Masuk Kamar Gus Dur di Denanyar Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Anies Baswedan berkesempatan masuk kamar Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) saat berada dk Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang Jawa Timur.

Sebelum masuk ke kamar Gus Dur, Anies terlebih dahulu berziarah ke makam pendiri Pondok Denanyar, KH Bisri Syansuri beserta zuriahnya, termasuk makam KH Muhammad Iskandar, ayah dari ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Seusai ziarah, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut melakukan pertemuan di Ndalem Kasepuhan Pondok Pesantren Mambaul Maarif dan masuk kamar Presiden RI ke empat yang notabene tempat kelahiran Gus Dur.

Kamar tersebut berada dalam rumah ndalem kasepuhan pondok. Ruang kamar tidak terlalu luas. Di dalamnya terdapat tempat tidur yang dilapis kain berwarna merah muda. Anies Baswedan duduk di atas tempat tidur tersebut.

Di kamar tersebut, Anies ditemani Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif KH Abdussalam Shohib Bisri atau Gus Salam, Kamis sore (31/8/2023).

“Saya membayangkan rumah ini kan rumah perjuangan di sinilah cikal bakal dimulainya pondok ini,” kata Anies Baswedan seusai dari kamar Gus Dur.

Menurut pri yang bakal dicalonkan presiden ini, kondisi bangunan masih sangat terawat dan juga banyak menggambarkan tentang perjalanan sebuah perjuangan.

“Bangunannya masih terawat,  dan perjalanan waktu menggambarkan ke perjalanan perjuangan, jadi masuk ke tempat itu makin menghormati apa sudah dikerjakan di tempat ini,” kata alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) .

Sementara itu, Gus Salam mengatakan jika dirinya banyak mengobrol berdiskusi dengan Anies saat berada di dalam kamar Gus Dur.

“Ya kita ngobrol-ngobrol aja, beliau anak bangsa yang mau punya tujuan mengabdikan diri kepada bangsa ini,” kata Gus Salam KH Bisri Syansuri ini.

Gus Dur ini juga menyampaikan banyak bertukar informasi dengan Anies Baswedan. Termasuk situasi di Jakarta serta visi dan misi Anies sebagai ().

“Ya saya ingin tau aja situasi Jakarta kemudian rencananya Pak Anis, baik terkait dengan koalisinya maupun visi misinya beliau kalau nanti akan bisa jadi Capres,” kata Gus Salam.

Diketahui, Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Jombang Jawa Timur dalam rangka ziarah ke makam para pendiri NU (Nahdlatul Ulama).

Sebelum mengunjungi Pondok Pesantren Denanyar, Anies juga melaksanakan ziarah ke makam para pendiri NU lainnya.

Ia mengunjungi makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari di Pesantren dan makam KH Abdul di Pondok Pesantren Tambakberas Jombang.

Selain itu, mantan Gubernur Jakarta ini juga melakukan ziarah ke makam KH Romly Tamim di Pesantren Darul Ulum Rejoso,  Kecamatan Peterongan, .

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.