44 Calon Haji Jombang Diberangkatkan Isi Kekosongan Kloter 49, Harap Simak Imbauan Ini

, – Sebanyak 44 jemaah Jombang diberangkatkan untuk isi kekosongan kursi (open seat) Kloter 49. Sejumlah imbauan penting pun diberikan oleh kementerian agama setempat.

Pemberangkatan 44 jemaah calon haji 1444 H secara simbolis oleh Pemkab Jombang di depan Pendopo Kabupaten setempat, Sabtu (10/6/2023) malam.

Pantauan di lapangan, para jemaah calon haji didampingi sanak saudaranya memadati halaman Pendopo Kabupaten Jombang. Tampak satu telah dipersiapkan untuk mengantar para jemaah calon haji ke asrama haji Sukolilo Surabaya.

Sebelum pemberangkatan secara seremonial, Pemkab Jombang memberikan sambutan di aula Pendopo Kabupaten. Tampak jajaran Pemkab, perwakilan DPRD, Polres dan perwakilan Kodim 0814 Jombang hadir.

Kepala Kantor Kementrian Agama () Kabupaten Jombang, Muhajir mengatakan keberangkatan jemaah calon haji (JCH) asal Jombang itu untuk memenuhi kekurangan Kloter 49 Asal Kabupaten Lumajang.

“Insyaallah akan diberangkatkan jemaah haji asal kabupaten Jombang untuk mengisi kekosongan kursi (seat) di kloter 49,” kata Muhajir kepada wartawan, Sabtu malam.

Menurut Muhajir, sebelumnya pihaknya telah mendapatkan informasi jika di Kloter 49 ada open seat untuk 44 orang jemaah. Lantas pihaknya mengundang pengurus Kelompok Bimbingan dan Umroh (KBIHU).

“Mereka bersepakat untuk mengisi open seat itu, dan alhamdullilah 44 orang siap untuk berangkat malam hari ini,” terang Muhajir Mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulungagung itu.

Muhajir mengimbau kepada jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk tetap menjaga kesehatan. Pasalnua, berdasarkan keterangan petugas haji di tanah suci cuaca cukup panas menjadi suhu 46 derajat celcius.

“Jika tidak ada keperluan hindari keluar ruangan, perbanyak konsumsi vitamin dan putih, jika ada keluhan kesehatan segera melapor pada petugas kesehatan Kloter,” kata Muhajir mengimbau.

Sementara itu, mewakili jajaran Pemkab Jombang, Masud Zuremi mengucapkan kepada para Jemaah calon Haji bisa memenuhi panggilan untuk menunaikan rukun islam kelima tahun ini.

“Memperbanyak ibadah, memperbanyak doa, perbanyak zikir, memperbanyak sedekah karena mengharap ridho dari Allah SWT,” ungkap ketua DPRD Jombang itu.

Perlu diketahui, sesuai jadwal yang ada, jemaah calon haji 2023 asal Jombang akan berangkat pada 20 Juni 2023 tergabung dalam Kloter (kelompok terbang) 77, 78 dan 79.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter