Dongkrak Ekonomi, Bazar UMKM Kreatif PWI Jombang Sukses Sedot Ribuan Pengunjung

Jombang, – Bazar UMKM kreatif yang digelar Jombang Jawa Timur selama 12 hari di GOR Merdeka sukses menarik ribuan pengunjung ekonomi pelaku usaha pun terdongkrak.

Event bazar UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif dimulai 21 Februari dan resmi dibuka 23 Februari hingga berakhir hari ini, Minggu 5 Maret 2023.

Bazar digelar PWI Jombang berkolaborasi dengan Serikat Pedagang Kaki Lima (Spekal) Jombang untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Animo masyarakat untuk mendatangi bazar UMKM cukup besar. Daya beli pun tinggi. Pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, lebih dari 1000 orang datang ke acara tersebut.

“Saya sangat bersyukur, setiap hari selalu ramai pengunjung dan banyak pembeli, terutama pada Sabtu dan Minggu,” Kata Tomi, pedagang mamin di bazar tersebut.

Diakui Tomi, baru kali ini bazar UMKM Kreatif yang ia ikuti ramai pengunjung. Ia pun tak pernah menyangka pengunjung membludak. Lantaran dagangan banyak yang laku terjual, dirinya mengaku sangat terbantu ekonominya.

“Penghasilan sudah sangat cukup, pokoknya bersyukur dan alhamdulillah banget,” ucap bapak dua ini yang merahasiakan pendapatannya selama bazar berlangsung.

Pedagang lainnya, Kuswartono memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada (PWI) Jombang selaku penyelenggara yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk mengenalkan produk usahanya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman PWI Jombang yang memberikan kesempatan untuk mempromosikan produk saya di sini. Terima kasih tempatnya,” kata pemilik UKM olahan salak ‘Kunara' saat dikunjungi PWI Jombang di salah satu stan bazar yang ia tempati.

Kuswartono mengungkapkan, di bazar itu, produk olahannya banyak yang terjual. Omset yang ia dapat pun lumayan.

“Tidak hanya penghasilan, yang lebih penting adalah produk diketahui oleh masyarakat luas,” ujar warga Kecamatan ini.

Ketua panitia HPN 2023 PWI Jombang Zainul Arifin mengungkapkan, bazar UMKM Kreatif diikuti 30 peserta lebih, dengan jumlah 50 stan yang disediakan panitia.

“Mereka yang mengisi stan dari berbagai bidang, di antaranya, pedagang kuliner, jajanan, minuman, tekstil, dan usaha dari home industri,” ujarnya.

Ia mengatakan pada event tersebut juga diramaikan sejumlah wahana permainan . Tak hanya itu, belasan grup kesenian jaranan dari Paguyuban Kelompok Jaranan Jombang (PKJJ) juga turut memeriahkannya. Mereka setiap malam pentas di dalam GOR.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PWI Jombang yang menyilahkan untuk tampil mengisi acara bazar UMKM di GOR Merdeka. Penontonnya juga sangat banyak,” tambah Ketua PKJJ, Surawi.

Ketua PWI Jombang Sutono mengungkapkan Bazar UMKM Kreatif di GOR Merdeka Jombang mengusung tema bangkit dari menuju pemulihan ekonomi.

Wartawan senior itu bersyukur banyak yang antusias mengikutinya. Terlebih, setiap harinya dibanjiri oleh para pengunjung. Dengan begitu perekonomian masyarakat dapat terbantu.

“Kami sampaikan terima kasih kepada SPEKAL dan para pelaku UMKM yang turut memeriahkan bazar ini,” ujar pria yang sehari-hari memakai Blangkon ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com