Ratusan Anak TK Datangi Polres Jombang Jatim, Ini yang Dilakukan

Jombang, Jurnal Jatim – Markas kepolisian resor (Mapolres) Jombang Jawa Timur pada Rabu (11/1/2023) didatangi ratusan orang anak dari taman kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari 88.

Anak-anak itu keliling Mapolres dan melihat sejumlah ruangan kerja para pejabat kepolisian setempat dalam program polisi sahabat anak (PSA).

Diketahui, PSA dilaksanakan Polres Jombang dengan tujuan untuk memberikan edukasi, pengenalan serta pendisiplinan berlalulintas kepada anak-anak sejak dini.

Tak hanya itu, mereka juga ikut mewarnai gambar dalam perlombaan yang diadakan oleh kepolisian setempat, Jl Wahid Hasyim.

Anak-anak berpakaian polisi dengan didampingi orangtuanya dan sejumlah guru beserta anggota kepolisian lalu lintas Polres Jombang.

Tampak juga Kapolres AKBP Moh Nurhidayat bersama para pejabat utama juga melihat langsung aktivitas anak-anak di Mapolres.

“Saya sebagai orangtuanya senang, harapannya kan anak bisa lebih tahu, bukan cuma di sekolah Kemala Bhayangkari tapi juga tahu polisi seperti apa gitu,” kata Mega Ayu, salah satu orangtua siswa TK Kemala Bhayangkari.

Dikatakan Mega, wawasan anaknya menjadi semakin lebih luas. Dapat mengenal dunia kepolisian yang selama ini menjadi penegak hukum di masyarakat.

Kepala TK Kemala Bhayangkari 88 Jombang Endang Suprihatin mengaku bersyukur terselenggaranya acara Polisi Sahabat Anak. Adapun acaranya yakni Lomba mewarnai.

“Selain lomba mewarnai, anak anak juga diajak keliling ke ruangan di Polres Jombang juga naik kendaraan patwal, anak anak senang sekali,” kata Endang.

Tentunya, kata dia, acara tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan anak-anak sejak usia dini. “Mengenai profesi polisi, anak anak lebih mandiri, lebih disiplin, jika anak-anak mungkin mempunyai cita cita polisi maka jadi lebih tahu bagaimana polisi itu ruangannya, anak-anak bisa mengenal semua,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan Polisi Sahabat Anak merupakan perintah dari Kapolri dan Kapolda Jawa Timur. Ia mengatakan kegiatan seperti itu di tahun 2023 ini akan dilaksanakan rutin setiap satu minggu.

“Dengan sosialisasi ini dari sejak umur dini, anak-anak TK playgroup itu senang dan melihat terkait dengan profesi kepolisian. Mereka bisa melihat oh polisi ini ramah dengan anak,” katanya.

Kemudian, dari pengenalan ini sejak dini merupakan investasi bagi kepolisian juga dalam menghargai. Dengan harapan bahwa mereka tidak takut atau mungkin bisa bercanda dengan polisi.

“Harapannya ketika nanti dewasa mereka mulai bekal bahwa bisa untuk berkomunikasi dengan kami termasuk apapun mungkin terkait dengan perkembangan termasuk harapan mereka mungkin cita-cita menjadi harapan menjadi seorang polisi yang baik,” tandas Kapolres Jombang.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.