Kasi Pendma Kemenag Jombang: Guru BK Penentu Keberhasilan Peserta Didik

Jombang, Jurnal Jatim – Kasi (Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Jombang, Arif Hidayatulloh mengatakan guru BK (Bimbingan dan Konseling) adalah salah satu penentu keberhasilan peserta didik.

Arif menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan dalam pembukaan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru BK, Kamis (19/1/2023) di Aula Darussalam kantor kementerian agama (Kemenag) Jombang.

Workshop yang mengambil tema ‘Budaya Bermedia Digital’ tersebut digelar oleh IAIN Ponorogo dan diikuti 38 guru BK dari MA, SMA, dan SMK di Kabupaten Jombang.

“Tugas guru BK itu berat, apalagi kita tau sejak dulu mindset masyarakat jika berhubungan dengan BK berarti di situ isinya anak-anak yang bermasalah. Image itu harus dirubah,” ujar Arif Hidayatulloh.

Dikonfirmasi terpisah, Arif menambahkan bahwa guru BK harus bisa memerankan diri menjadi banyak sosok. Di antaranya menjadi bapak, teman, bahkan tempat curhat, sehingga mampu membimbing peserta didik untuk lebih baik dan terarah.

“Penentu keberhasilan peserta didik salah satunya adalah dari guru BK. Harus selalu mengamati perilaku anak-anak, semua harus perhatikan, apalagi anak-anak jaman sekarang gurunya tidak hanya guru yang ada di madrasah, namun juga guru dari media sosial,” ujar Arif, Minggu (23/1/2023).

Arif yang baru meraih gelar doktor tersebut mengajak guru BK untuk mendidik peserta didik dengan sebaik-baiknya. Sehingga, pola perilaku anak didik bisa lebih terarah dan menjadi siswa yang berprestasi.

“Ayo kita didik peserta didik kita dengan baik, bahkan sampai pada bagaimana kita mengarahkan kemana anak-anak akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi nantinya,” pungkas Arif Hidayatulloh.

Pengertian Bimbingan Konseling

Perlu diketahui, BK terdiri dua kata, yaitu Bimbingan dan Konseling. Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu agar dengan potensi yang dimilikinya mampu mengembangkan diri secara optimal.

Sementara, konseling adalah suatu hubungan profesional antara konselor yang terlatih dan kliennya. Hubungan itu biasanya dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya supaya dapat menentukan pilihan yang bermakna bagi dirinya sendiri.

Apabila dua kata ini disatukan, bimbingan dan konseling atau disingkat BK adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan seorang ahli konseling dengan cara tatap muka, baik secara individu atau beberapa orang, untuk memberikan pengetahuan tambahan.

Pengetahuan tambahan ini diharapkan dapat membantu konseli, sekaligus menjadi jalan keluar baginya untuk mengatasi permasalahan yang dialami.

Guru BK atau dikenal juga konselor sekolah adalah seorang psychological-educator atau guru yang memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.