Siswa SD di Nganjuk Kompak Tanam Pohon di Sekolah, Ini Tujuannya

Nganjuk, Jurnal Jatim – Siswa dan siswi SD Negeri 1 Ganungkidul Nganjuk Jawa Timur kompak melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolahnya, Senin (12/12/2022).

Di situ mereka yang didampingi oleh guru pembimbing bergerak bersama menanam ratusan bibit pohon dengan berbagai jenis di sekitar halaman taman dan halaman sekolah mereka.

Gerakan menanam pohon Sagumutan atau Satu Guru Satu Murid Satu Tanaman tersebut untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada 28 November 2022.

“sekaligus juga ikut menyukseskan gerakan menanam 134 ribu pohon yang digagas Dinas Pendidikan (Dispendik) bersama dengan Insan Pendidikan Kabupaten Nganjuk, juga dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei tahun 2023,” kata Kepala SDN 1 Ganungkidul, Lilik Susilowati.

Menurut Lilik, bibit pohon yang ditanam itu dibawa siswa dari rumahnya masing-masing. Gerakan menanam Sagumutan pohon itu menjadi sebuah upaya menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan.

“Tidak hanya di lingkungan sekolah, kami juga mengajak siswa dan siswi kita untuk menanam pohon di lingkungan rumah atau tempat tinggal mereka,” ujarnya.

Melalui gerakan menanam pohon bersama di sekolah, dapat mengedukasi para siswa-siswi tentang kesadaran pentingnya penanaman pohon. Untuk pemulihan kerusakan Sumber Daya Alam, keseimbangan ekosistem serta pelestarian lingkungan.

“Ini merupakan kegiatan rutin bagi siswa. Kami tanamkan kepada mereka menanam pohon merupakan investasi jangka panjang,” ujarnya.

Kepada siswa, Lilik juga menjelaskan tentang manfaat menanam pohon. Banyak manfaat yang diperoleh dari menanam pohon, sebab pohon yang ditanam ini dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida.

“Oksigen adalah gas yang diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernafas. Jadi kata dia, kalau menanam pohon dan pohonnya memproduksi oksigen, maka ketika kita bernafas kita menghirup udara oksigen, dari tanaman yang kita tanam itu, ” jelasnya.

Serta, ia menambahkan, menanam pohon juga bisa mengurangi polusi udara di lingkungan. Pohon bisa membuat lingkungan sekolah dan rumah menjadi lebih sejuk, tenang, udara pun juga menjadi lebih bersih

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.