Massa Demo Pabrik PT CMI Kabuh Jombang, Tuntut Tanggung Jawab Perusahaan

Jombang, Jurnal Jatim – Puluhan pemuda Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Jombang Jawa Timur menggelar demonstrasi di Depan PT Camino Industrial Indonesia (CMI), Kamis (22/12/2022). Massa mengatasnamakan Aliansi Pemuda Desa Kedungjati meminta pertanggungjawaban dan komitmen perusahaan, Kamis (22/12/2022).

Menggunakan mobil komando berpengeras suara, massa memulai demonstrasi di depan pintu masuk perusahaan sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah sekira 30 menit menggelar orasi secara bergantian, sejumlah perwakilan demonstran diterima untuk melakukan dialog dalam kantor perusahaan.

Sejumlah poster dan bendera dibawa massa demonstran. Bertuliskan sejumlah tuntutan, di antaranya ‘Jangan ada perjanjian sepihak diantara kita’, ‘Kami orang pribumi tidak mau dibodoh-bodohi, segera turun dari jabatanmu’, ‘Tanah kau beli, pabrik kau dirikan, kami kau terlantarkan’, ‘Perusahaan harus patuh Undang – Undang jangan asal PHK’, ‘Warga Kedungjati nagih janji’, dan ‘Hapus Outsourcing di PT CMI.

Dalam pokok tuntutan, massa menuntut pertanggungjawaban perusahaan sebagai investor untuk memprioritaskan warga Desa Kedungjati sebagai karyawan di PT CMI. Selain itu perusahaan diminta untuk tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak.

Tidak hanya itu, massa juga menuntut penanggulangan pencemaran kerusakan lingkungan hidup, terutama di tanah persawahan lingkungan sekitar PT CMI. Memberikan kesempatan CSR untuk masyarakat setempat.

“Menagih janji PT CMI tentang tidak adanya outsourcing diperusahaan, seperti yang disepakati waktu sosialisasi dengan warga setempat,” kata Hendri koordinator aksi.

Lebih lanjut, menurut Hendri perusahaan diminta untuk bisa menjamin kebebasan berserikat bagi karyawan di PT CMI.

Pantauan dilapangan, massa berkumpul di pintu gerbang perusahaan. Sementara perwakilan massa didampingi kepala Desa Kedungjati dengan pihak manajemen perusahaan dan penyedia jasa outsoursing terlibat perundingan alot dalam ruangan kantor perusahaan.

Terlihat pengamanan dari pihak kepolisian, jajaran satpol PP dan satpam perusahaan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.