Kabupaten Nganjuk Target Sertifikat Program PTSL Tahun Depan Segini!

Nganjuk, Jurnal Jatim – Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur menargetkan sebanyak 53.000 sertifikat warga masuk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun depan.

Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat penyerahan simbolus kurang lebih 638 Sertifikat Program PTSL warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk, Rabu (7/12/2022).

Marhaen Djumadi mengemukakan sertifikat adalah salah satu target Bupati Nganjuk dan target Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Pada 2023 nanti pihaknya berharap semua tanah pekarangan, bengkok, rumah yang ada di wilayah Kabupaten Nganjuk merupakan sertifikat hak milik pribadi.

“Khusus Kabupaten Nganjuk akan kita targetkan tahun depan mempunyai sebanyak 53.000 sertifikat. Termasuk di dalamnya tanah pekarangan, bengkok, rumah yang belum mempunyai sertifikat akan kita daftarkan. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap warganya,” katanya.

Pembagian sertifikat program PTSL tersebut, dikatakan oleh Marhaen, diharapkan bisa menyejahterakan masyarakat Nganjuk.

“Karena dengan mempunyai sertifikat, pribadi akan merasa aman,” imbuh pria yang akrab disapa Kang Marhaen ini.

Lebih lanjut Marhaen menjelaskan, sertifikat mempunyai beberapa fungsi atau kegunaan. Antara lain yakni memberikan kepastian hukum. Selain itu, sertifikat mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Kemudian sertifikat dapat digadaikan untuk usaha maupun investasi, dengan mempunyai sertifikat dapat menghindari diri dari sengketa, dan melindungi hak milik pribadi.

“Dan Alhamdulillah warga Desa Sugihwaras kurang lebih sebanyak 638 sudah mendapatkan sertifikat. Semoga sertifikat ini bermanfaat untuk warga,” ujar orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Nganjuk ini.

Marhaen menjelaskan program PTSL itu didukung oleh tiga elemen Lembaga yang tergabung dan disebut dengan istilah Tim Tri Juang yakni terdiri dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten, dan BPN.

Untuk diketahui hadir dalam penyerahan sertifikat program PTSL di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu yakni Direktur Utama PT Exindo Sugihwaras, Camat Ngluyu bersama Forkopimcam Ngluyu, Perangkat Kecamatan Ngluyu, Petugas BPN Kabupaten Nganjuk dan tokoh masyarakat Kecamatan setempat.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com