Barikade Karung Sekam Jalur Cangar-Pacet Mojokerto Dipasang Berlapis, Ini Tujuannya

Mojokerto, Jurnal Jatim – Petugas gabungan melakukan perbaikan dan pembenahan barikade karung sekam di jalur penyelamat Cangar-Pacet Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, belum lama ini.

Perbaikan barikade karung sekam di jalur penyelamat Cangar-Pacet untuk minimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur yang penuh tanjakan dan turunan tersebut.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar, pada Kamis (15/12/2022) menjelaskan Jalur Cangar-Pacet Kabupaten Mojokerto kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

Terutama kendaraan yang dari arah Batu ke Mojokerto melalui Cangar. Penyebabnya rata-rata karena rem kendaraan tiba-tiba tidak berfungsi atau rem blong.

Dari banyaknya kecelakaan tersebut, petugas gabungan dari Polres Mojokerto bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Mojokerto dibantu para relawan dari Welirang dan LDNU melakukan perbaikan barikade berlapis.

“Barikade karung sekam di jalur penyelamat ini difungsikan sebagai penahan kendaraan saat mengalami rem blong,” Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar.

Dikatakan oleh Apip, sejumlah karung sekam yang dipakai menahan barikade didatangkan dari beberapa daerah di wilayah Mojokerto yang rampung panen padi.

Apip kembali menyampaikan pembenahan barikade karung sekam berlapis pada jalur penyelamat Cangar-Pacet dilakukan untuk meminimalisir kerasnya benturan jika terjadi laka lantas akibat rem blong.

“Pembenahan barikade karung sekam ini kami lakukan sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi laka lantas, terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang membuat arus lalu lintas di jalur Cangar-Pacet mengalami kepadatan kendaraan yang melintas,” ujarnya.
Orang nomor satu di Polres Mojokerto ini berharap dengan adanya perbaikan itu dapat mengurangi peristiwa laka lantas yang dapat merenggut korban jiwa.
Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.