Pengamanan Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar Situbondo Dipertebal

Situbondo, Jurnal Jatim – Pengamanan Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar, Situbondo dipertebal untuk menyukseskan pelaksanaan KTT G20 yang kini berlangsung di Pulau Bali.

Menjelang pembukaan KTT G20 di Bali, Senin (14/11/2022), petugas gabungan melakukan pemeriksaan kedatangan kapal dan penumpang di Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar.

Di antaranya pemeriksaan kedatangan KMP Dharma Kartika dari Pelabuhan Raas Pulau Madura. Itu dilakukan untuk imbangan pengamanan KTT G 20 di Bali.

Adapun personel yang terlibat di antaranya Polairud, KSOP Klas IV Jangkar, Baharkam Polri, Samapta, Polsek Jangkar, Koramil Jangkar, TNI AL Jangkar, UPTD Pelabuhan Jangkar, Kecamatan jangkar BPTD XI Jatim dan UPT PPR Banyuwangi.

Kasat Polairud Polres Probolinggo AKP Moh. Hasanudin mengungkapkan pemeriksaan kedatangan dan keberangkata  Kapal di Pelabuhan Jangkar dalam rangka sterilisasi mendukung terciptanya keamanan kegiatan KTT G20 di Bali.

“Pemeriksaan atau sterilisasi di pelabuhan Jangkar dilakukan untuk mendukung keamanan KTT G20 di Bali dimana wilayah Situbondo adalah jalur utama menuju pulau Bali baik dari darat ataupun laut,“ ujar Moh Hasanudin, Rabu (16/12/2022).

Lebih lanjut, Hasanudin, mengatakan bahwa hasil pemeriksaan itu, jumlah penumpang sebanyak 75 orang dengan tujuan ke Bali 25 orang. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 tujuan pulau Bali ada 6 unit bermutaan barang.

“Semua kendaraan diperiksa, mulai dari kelengkapan surat, barang yang diangkut dan juga identitas sopir serta penumpang. Semuanya dicatat dan tidak ditemukan benda mencurigakan,“ ujarnya.

Ia menambahkan, petugas di lapangan juga mengingatkan terkait peningkatakan kasus positif COVID-19 dan mengimbau masyarakat dan penumpang tetap menerapkan protocol kesehatan serta melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dosis 3 atau booster.

Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah memasuki hari kedua pada Rabu (16/11/2022). Pelaksanaan pertemuan KTT G20 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (15/11/2022).

Jokowi membuka pertemuan itu setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di lokasi acara yang berada di Candi Ballroom, Hotel Apurva Kempinski, Bali.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.