Ribuan Masyarakat Lintas Agama Ikuti Tari Massal di Jombang, Ini Tujuannya

Jombang, Jurnal Jatim – Ribuan masyarakat kompak menari di sepanjang Jalan Wahid Hasyim Jombang, Minggu (23/10/2022). Tari massal tersebut digelar Forum Komunikasi Masyarakat Jombang (FKMJ) untuk menyosialisasikan moderasi beragama.

Selain itu, tarian massal tersebut juga untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Hari Ulang Tahun TNI ke 77 dan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang yang ke 112.

Sekretaris FKMJ Kabupaten Jombang, Didik Tondo Susilo mengatakan mereka yang terlibat tarian massa sekitar seribuan orang, dari mulai pelajar SMP, SMA hingga dewasa.

“Kurang lebih 1000 orang, dari komunitas agama-agama dan juga pelajar SMP, SMA yang ada di kabupaten Jombang,” kata Didik.

Gerakan tari flashmob yang ditampilkan secara massal itu perpaduan dari Tari Remo boletan yang dikolaborasi dengan tari dari Papua, tari Bali, tari dari Nusa Tenggara, tari Dayak Kalimantan dan tari Saman dari Aceh.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia jika kabupaten Jombang dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Jombang,” ujarnya.

Moderasi agama yang disosialisasikan, kata Didik, yakni memahami masyarakat agar bersatu padu antar agama. Menciptakan Kebersamaan, guyub dan rukun tanpa ada perbedaan etnis, suku maupun agama.

“Moderasi agama adalah bisa saling memahami, yang kita pahami adalah umatnya agar bisa bersatu padu antar umat beragama,” imbuhnya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab yang hadir dalam acara itu bersama Wakil bupati Sumrambah dan Forkopimda memberikan apresiasi positif.

Menurutnya, acara tersebut memperlihatkan ke Indonesia dan dunia bahwa Jombang bukan hanya Kota Santri tapi juga Kabupaten yang sangat menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tinggal Ika.

“Kebersamaan ini harus terus dibangun, dipelihara dan dipertahankan dalam upaya memajukan Kabupaten Jombang, sesuai peran, kedudukan, fungsi dan tugas masing-masing. Maka Insyaallah ke depan Jombang yang kita banggakan ini akan senantiasa menjadi Kabupaten yang aman, damai, harmonis, dan maju, sebagaimana yang kita harapkan bersama, Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” katanya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News