Jombang Raih Award Peduli Ketahanan Pangan 2022, Bupati Bilang Begini

Jombang, Jurnal Jatim – Kabupaten Jombang meraih Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2022 kategori bidang diversifikasi pangan. Bupati Mundjidah Wahab menerima piagam penghargaan itu dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan diserahkan pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-XLII Provinsi Jawa Timur (Jatim) tahun 2022, di JX International Convention Exhibition Surabaya, Rabu (19/10/2022) lalu.

“Alhamdulillah, terkait dengan hasil asesmen dalam rangka Award Peduli Ketahanan PanganKepala Daerah kabupaten/kota se-Jawa Timur yang dilaksanakan pada 17 Oktober 2022, Kabupaten Jombang berhasil dinobatkan sebagai Pemenang Award,” kata Mundjidah Wahab, Kamis (20/10/2022).

Sejumlah poin penting yang membuat Bupati Jombang Mundjidah Wahab terpilih menjadi pemenang, yakni berasal dari sejumlah program Bupati Jombang.

Di antaranya, program DEMAPAN BISA (desa mandiri pangan, beragam, bergizi, seimbang & aman) desa yang terkoneksi seluruh aspek ketahanan; Pengembangan snack pangan lokal dan pemantauan harga secara terus menerus.

“Terima kasih atas sinergitas seluruh OPD, bersama sama dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Jombang yang terus berinovasi dalam mewujudkan swasembada pangan demi kemakmuran dan kesejahteraan bersama, semoga apresiasi ini semakin memotivasi kita semua,” ujar Bupati Mundjidah Wahab.

Diketahui, tema Hari Pangan Sedunia 2022 yang ditetapkan Badan Pangan Dunia adalah Leave NO ONE behind atau tidak meninggalkan SIAPA PUN di belakang’.

Bentuk pelaksanaan tema itu yakni melalui produksi pangan yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik.

Tentunya hal itu sejalan dengan komitmen pemerintah Kabupaten Jombang bersama maju mewujudkan Jombang yang mandiri dan berdaulat pangan.

Kepala dinas ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Jombang, Nur Kamalia menambahkan bahwa Kabupaten Jombang juga meraih peringkat terbaik ke 3 kategori Stand Pengunjung Terbanyak.

“Yakni pada segmen pameran rangkaian peringatan hari pangan sedunia provinsi Jawa Timur 2022,” ujarnya.

Kabupaten Jombang dalam peningkatan produktivitas pangan meraih penghargaan pada kategori Penyuluh Pertanian Swadaya terbaik 1, BPP terbaik 1, Gapoktan terbaik 2 dan Kelompok Ekonomi Petani terbaik 1.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.