Jambore Anak Jadi Cara Pemkab Jombang Lahirkan Generasi Berkarakter

Jombang, Jurnal Jatim – Jambore anak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Jawa Timur menjadi cara untuk melahirkan generasi yang berkarakter sebagai simbol kota Santri.

Mengambil tema anak berkarakter wujudkan Jombang Santri, diikuti peserta dari Forum Anak Jombang (FAJ) dan 100 orang anak dari tingkat SMP dan SMA di pendopo kabupaten setempat, pada Rabu (13/10/2022).

Menurut Bupati Jombang Mundjidah Wahab, kata Santri dari tema yang diusung berarti Santun, Tertib, Religius dan Inovatif.

Dikatakan Mundjidah, Anak muda Jombang sebagai generasi penerus, generasi pemimpin masa depan diharapkan menjadi generasi yang sehat, cerdas, berakhlaqul karimah, santun, tertib, religius dan inovatif.

“Generasi yang bermanfaat untuk diri sendiri, juga bermanfaat bagi umat atau orang lain,” tutur Mundjidah.

Bupati perempuan pertama di Jombang ini juga menyebutkan pemerintah memberikan seluas luasnya untuk pemenuhan hak anak.

Selain itu juga membentuk wadah-wadah anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak dalam proses pembangunan.

“Seperti dengan pembentukan Forum Anak yang juga memiliki kegiatan Jambore Anak bertujuan untuk membentuk forum anak dalam mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat secara positif,” kata putri pendiri Nahdlatul Ulama (NU) , KH Abdul Wahab Chasbullah ini. .

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pudji Umbaran menambahkan, Jambore Anak Jombang 2022 diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas anak dalam mengambil keputusan.

“Menjadi pendorong untuk berprestasi anak agar termotivasi,” kata Puji Umbaran.

Pembukaan Jambore Anak ditandai dengan Penyematan Tanda Peserta oleh Bupati dan Wakil Bupati Jombang. Mereka juga menerima materi dan motivasi dari Nanang Abdul Chanan Fasilitator Pengembangan Program KLA Tingkat Provinsi dan Nasional.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com