Begini Momen Kemeriahan Hari Santri Nasional 2022 di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Kabupaten Jombang menggelar gerak jalan santri dan kirab Santri menyemarakkan peringatan hari Santri 2022, Hari Jadi Ke 112 Pemerintah Kabupaten Jombang dan Hari Jadi  Ke 77 Provinsi Jatim.

Acara tiga peringatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (22/10/2022) diawali (start) dari Stadion Merdeka Jombang dan berakhir finish di Taman Kebon Rojo, Jl Wahid Hasyim.

Gerak Jalan Santri diikuti 38 regu putra putri santri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) diberangkatkan Wakil Bupati Jombang, Sumrambah.

Sedangkan Bupati Mundjidah Wahab yang usai menghadiri Apel Hari Santri Nasional 2022 di lapangan Tebuireng langsung menuju ke Stadion memberangkatkan Kirab Santri.

Selanjutnya mereka menyaksikan jalannya gerak jalan santri yang diikuti 12 regu santri dari MI dan 26 regu dari MTs serta 38 regu kirab santri dari panggung kehormatan yang ada di depan Kantor Pemkab Jombang.

Para santri terlihat sangat bersemangat mengikuti gerak jalan, juga kirab santri yang menyusuri Jl. Gus Dur – KH. Wahid Hasyim- dan finish di Kebon Rojo.

Para peserta yang memakai busana muslim atribut santri dengan penuh semangat dan gembira meneriakkan yel-yel kebanggaan masing-masing sekolah.

Bupati Mundjidah menyampaikan melalui gerak jalan juga pawai pawai santri, selain membangun fisik santri yang sehat dan kuat, juga dalam upaya turut membangun bangsa. Karena santri adalah penerus bangsa yang akan membawa dan bertanggungjawab atas masa depan bangsa Indonesia.

Putri Pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah itu mengajak para Santri untuk memaknai peringatan hari santri sebagai momentum meningkatkan peran santri dan ulama dalam membangun daerah, bangsa dan negara seperti perjuangan para pendahulu bangsa.

Serta kembali menunjukkan peran umat Islam di garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan bersama-sama membangun bangsa yang bermartabat.

“Kami bangga sekaligus senang melihat banyaknya santri dan siswa-siswi Madrasah dan Tsanawiyah yang ikut meramaikan kirab dan gerak jalan dalam rangka peringatan hari santri Nasional ini,” katanya.

Hal itu membuktikan kokohnya hubungan tali silaturahmi dan persatuan Islam di Kabupaten Jombang. Oleh karenanya, dirinya berpesan kepada para santri, umat muslim dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus berkarya, berinovasi dan berjuang sesuai bidangnya.

“Melalui kirab dan gerak jalan santri ini, mari kita gelorakan semangat santri untuk ikut berperan membangun bangsa dan kabupaten jombang sehingga bisa semakin maju dan tercipta masyarakat Jombang,” kata Bupati perempuan pertama di Jombang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Jombang Bambang Nurwijanto menyampaikan gerak jalan itu ibarat napak tilas di era perjuangan. Hal itu mengingatkan, peranan santri sebagai pejuang bangsa, bersama mewujudkan kemerdekaan.

“Gerak jalan ini, mengajak para santri untuk tetap sehat, sehingga bisa aktif, turut serta membangun dinamika bangsa, terutama menatap masa depan yang lebih baik,” kata Bambang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News