oleh

Tradisi Petik Laut, Ratusan Nelayan Tuban Larung Kepala Sapi

Tuban, Jurnal Jatim – Kepala ekor sapi dilarung ke tengah laut oleh ratusan nelayan Tuban, Jawa Timur, menggunakan perahu dalam tradisi petik laut di pantai Boom, Rabu (14/9/2022).

Tradisi petik laut wujud syukur atas nikmat Tuhan berupa rezeki, keselamatan serta hasil alam yang melimpah, hasil bumi maupun laut.

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky pun ikut saat prosesi pelarungan sesaji dengan memasang kain sesaji yang berupa kepala sapi.

Lalu prosesi dilanjutkan dengan pelarungan oleh nelayan menggunakan perahu. Kemudian dibawa ketengah laut dengan diiringi puluhan perahu nelayan.

Semua perahu terisi penuh oleh warga mulai anak-anak, orang dewasa sampai wanita. Tradisi tersebut sebagai bentuk ungkapan wujud syukur yang dilakukan para nelayan.

“Sebagai bentuk rasa syukur para nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki hasil laut yang diberikan,” kata Linda sapaan Aditya Halindra Faridzky.

Selain itu, even kirab dan larung sesaji juga telah menjadi agenda tahunan dari warga kelurahan pesisir pantai Kota Tuban. Namun baru kali ini dilaksanakan dengan skala Kabupaten dan diadakan secara bersamaan.

“Biasanya skalanya tingkat kelurahan dan sendiri-sendiri, jadi bersyukur bisa menyelenggarakan bersamaan. Sehingga ajang ini juga menjadi pemersatu antara nelayan dari tiga kelurahan,” katanya.

Lindra mengatakan, pesisir pantai Tuban memiliki potensi budaya yang besar, yang harus dikembangkan. Untuk itu, mengagendakan wisata petik laut menjadi event tahunan merupakan salah satu sarana memunculkan agenda wisata baru yang memiliki multiplier effect baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga ekonomi.

“Even ini menjadi sarana pengajaran budaya dan memunculkan pariwisata baru, ketika ini menjadi event tahunan,” ujarnya.

Ia menegaskan, Pemkab Tuban akan terus mendukung kegiatan budaya pesisir sebagai salah satu upaya penggalian potensi dan pelestarian kearifan lokal pesisir Tuban.

“Kita apresiasi dan akan kita suport penuh” katanya menegaskan.

Lebih dari itu, Lindra juga bersyukur melihat senyum dan keceriaan warga yang terpancar selama acara berlangsung. Ia berharap, even serupa akan terselenggara di tempat lain, sehingga memunculkan potensi wisata baru termasuk perputaran ekonomi di wilayah tersebut.

“Masyarakat senang, ekonomi tuban juga mulai tumbuh. Semoga ditempat lain menyusul,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com