oleh

Dua Ikan Hiu Raksasa yang Mati Terdampar di Bibir Pantai Pacitan Sudah Dikubur

Pacitan, Jurnal Jatim – Dua ekor ikan hiu tutul berukuran besar yang ditemukan mati terdampar di bibir pantai Wonocaki Pacitan, Jawa Timur pada Selasa (6/9/2022) pagi telah dikubur.

Ikan hiu tutul itu dikubur di sekitar lokasi terdampar yakni di Dusun Tawang Kulon, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ikan hiu tutul tersebut berukuran 4 meter dan 6 meter dengan corak tutul jenis Whale Shark atau Rhinocodon Typus.

Kapolsek Ngadirojo Iptu Suyitno mengatakan berdasarkan keterangan saksi Kasun Tawang dan salah satu nelayan dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, binatang itu masih tergeletak di bibir pantai.

“Ikan hiu sempat itu lemas masih bergerak hingga kedua ikan akhirnya mati,” ungkap Suyitno, Rabu (7/9/2022).

Kemudian, kata Suyitno, ikan itu dievakuasi unsur PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) wilayah teritorial Pacitan, TNI, Polri serta pihak keamanan laut terpadu.

Setelah itu dilakukan penguburan di sekitar lokasi. Langkah penguburan diambil Polres Pacitan bersama unsur PSDKP Wilter Pacitan Andika Awal Citra setelah berkoordinasi dengan dinas Pekerjaan Umum kabupaten setempat

“Tentu saja penguburan akan mengalami kesulitan jika dilakukan manual, karenanya kita berkoordinasi dengan Pemkab,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyebab terdamparnya ikan Hiu tersebut sementara diduga karena derasnya arus dan besarnya ombak di bibir pantai Wonocaki.

Terdamparnya ikan hiu atau paus merupakan fenomena yang jarang terjadi di Pacitan. Oleh karena itu, sejumlah warga menyaksikan proses evakuasi dan penguburan satwa laut yang dilindungi oleh hukum.

Hewan tersebut dilarang ditangkap, dibunuh, disimpan dan diperdagangkan. Hal Ini sesuai dengan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Undang – Undang Nomor 32 nuncto UU Nomor 45 Tahun 2009.

Perlu diketahui jenis Hiu Tutul (Rhinocodon Typus) merupakan jenis hewan laut yang dilindungi penuh sesuai Kepmen-KP nomor 18 tahun 2003.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com