oleh

Ditinggal Masuk Rumah, Kandang Sapi di Nganjuk Ludes Terbakar

Nganjuk, Jurnal Jatim – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Rabu (7/9/2022) dini hari tadi kandang sapi di Dusun Jatirejo, Desa Kapas Kecamatan Sukomoro terbakar.

Pemicu kebakaran kandang sapi milik kakek Tumiran (60) itu diduga karena perapian di kandang ditinggal oleh pemilik.

“Kebakaran kandang sapi di Dusun Jatirejo, RT 01 RW 02 Desa Kapas, Kecamatan Sukomoro tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Jatim, Sujito, Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan bahwa sebelum kandang sapi itu terbakar, Tumiran membuat perapian di sekitar lokasi kejadian. Perapian kemudian ditinggal pemilik masuk ke dalam rumah.

“Perapian ternak yang dinyalakan mulai dari sore lalu ditinggal masuk ke dalam rumah,” kata Sujito dalam keterangannya.

Rupanya, api perapian tersebut membesar dan merembet ke bangunan kandang yang terbuat dari kayu. Kejadian baru ketahui oleh Tumiran sekitar jam 02.30 WIB.

“Karena api ditinggal masuk ke dalam rumah, sehingga tidak terkontrolter yang menyebabkan kebakaran,” katanya.

Tumiran berupaya memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya. Namun, upaya itu tidak berhasil hingga api bertambah besar.

Lantas, Tumiran meminta bantuan warga dan kemudian dilaporkan ke Damkar Nganjuk. Sujito menegaskan, petugas langsung datang ke lokasi setelah menerima laporan tersebut.

“Setelah ada laporan kebakaran, personel ke lokasi untuk melakukan pemadaman api,” ujar Sujito.

Tak berlangsung lama, si jago merah berhasil dijinakkan oleh petugas Damkar Nganjuk. Sujito kembali memastikan tidak ada korban jiwa meninggal dunia maupun korban luka.

“Dampak kebakaran ini adalah 1 kandan habis terbakar dan kerugian diperkirakan Rp25 juta,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com