oleh

Detik-detik Evakuasi Sapi Jantan dari Dalam Sumur Warga di Tuban

Tuban, Jurnal Jatim – Detik-detik petugas pemadam kebakaran (Damkar) Tuban, Jawa Timur mengevakuasi seekor sapi dari dalam sumur berlangsung menegangkan, Jumat pagi tadi, (16/9/2022).

Proses evakuasi dilakukan menggunakan tali tampar besar. Sapi yang terus meronta-ronta di dalam sumur membuat petugas kesulitan.

Meski begitu, akhirnya tim bersama warga berhasil mengeluarkan sapi dari sumur dengan kondisi masih hidup. Proses itu juga dibantu tim Damkar Rengel dan Bojonegoro.

“Kita menghubungi personel pos Damkar Rengel dan Dinas Damkar Bojonegoro untuk meminta bantuan evakuasi. Alhamdulillah, evakuasi berjalan lancar dan berhasil mengangkat sapi dari dalam sumur,” kata Kabid Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji.

Seekor sapi yang berhasil dievakuasi tersebut adalah milik warga bernama M Soleh di Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, Tuban, Jawa Timur.

Sutaji menjelaskan, awal kejadiannya Soleh hendak memberi makan hewan peliharaan sapi selepas salat subuh. Ketika di lokasi, ia kaget sapi tidak ada di dalam kandang dan sempat mengira sapinya hilang dicuri orang.

“Pemilik kaget, karena sapi peliharaannya tidak berada di dalam kandang,” kata Sutaji.

Soleh berupaya keras melakukan pencarian sapi di sekitar lokasi. Kaget bukan kepalang mengetahui hewan ternak itu tercebur di dalam sumur belakang rumahnya.

“Sapinya diketemukan ada di dalam sumur yang terletak di sebelah kandang sapi yang berjarak sekitar 1 meter dari kandang,” ujar Sutaji.

Pemilik yang merasa panik lalu melaporkan kejadian itu ke Kabid Damkar Suraji untuk minta tolong agar sapinya segera dievakuasi ke atas sumur.

“Pemilik sapi ini datang ke rumah saya yang kebetulan masih tetangga. Dia minta bantuan untuk evakuasi sapi yang masuk di dalam sumur di belakang rumahnya,” ujarnya.

Tim Damkar Pemkab Tuban langsung terjun ke lokasi kejadian untuk evakuasi sapi jantan itu. Dengan dibantu warga, akhirnya sapi berhasil dikeluarkan dari sumur.

Kendati demikian, sapi tersebut mengalami luka sekitar 25 centimeter karena terkena dinding sumur sedalam sekitar 5 meter.

“Punggung sapi terluka sekitar 25 centimeter yang diperkirakan karena dibuat mengganjal tubuhnya ke dinding sumur agar tidak tercebur ke dalam sumur. diperkirakan kedalamannya sekitar 5 meter,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com