oleh

Banyak Temuan Fosil, Disporabudpar Nganjuk Usulkan Tempat Wisata Geopark

Nganjuk, Jurnal Jatim – Disporabudpar (Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur segera mengusulkan pembuatan tempat wisata baru yang mencangkup benda cagar budaya.

Usulan tersebut menindaklanjuti penelitian yang dilakukan tim BPSMP Sangiran, tentang penemuan pecahan fosil fauna purbakala di Kawasan Hutan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso.

Kepala Balai Pelestaria Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Iskandar Mulia Siregar menilai perlu adanya fasilitas yang memadai untuk hasil temuan dari hutan Tritik.

Terlebih temuan-temuan tersebut penting dan akan menjadi temuan tingkat nasional, sehingga fasilitas seperti museum purbakala patut untuk dibangun khusus.

Sementara itu, Kepala Dnas Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo menyatakan usulan tempat tersebut akan dibangun museum khusus benda cagar budaya prasejarah yaitu pembangunan tempat Wisata Geopark.

Pembangunan wisata itu dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat dijadikan bahan kajian para pemerhati sejarah zaman prasejarah atau untuk mahasiswa dan pelajar.

“Dan apabila usulan tersebut disetujui dan terwujud maka Wisata Geopark Prasejarah nanti cakupannya tidak hanya Regional dan Nasional tetapi bisa mencapai Internasional,” ujarnya, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya dengan dibangun Museum itu, maks Nganjuk akan mempunyai tambahan museum. Selain itu nantinya bisa menjadi kebanggaan bagi Nganjuk karena memiliki Wisata Geopark Prasejarah dengan didukung temuan benda cagar budaya zaman purba.

“Kami juga mengapresiasi Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk (KOTASEJUK) yang aktif dalam membantu temuan benda-benda prasejarah di situs Tritik,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com