oleh

6 Tempat Wisata Nganjuk yang populer dan Menarik Dikunjungi

Nganjuk, Jurnal Jatim – Ada banyak pilihan tempat wisata di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang bisa anda kunjungi saat liburan akhir pekan ini. Pasalnya, wilayah ini tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam tetapi juga tempat wisata unik dan menarik.

Berbagai tempat wisata menarik dengan tema sejarah, budaya hingga cerita legenda dan mistis bisa anda temukan di wilayah ini. Agar tidak bingung saat menentukan pilihan tempat wisata Nganjuk, anda bisa menyimak informasi selengkapnya di sini.

Berikut 6 tempat wisata Nganjuk populer dan menarik untuk dikunjungi dengan suasana yang menyenangkan dan memesona seperti dirangkum Jurnaljatim.com dari berbagai sumber.

Air Terjun Roro Kuning Nganjuk

Wisata Air Terjun Roro Kuning Kabupaten Nganjuk sudah populer dan hits di kalangan wisatawan. Air terjun ini berada sekitar 27–30 km selatan kota Nganjuk, di ketinggian 600 m dpl dan memiliki tinggi antara 10–15 m.

Air Terjun Roro Kuning mengalir dari tiga sumber di sekitar Gunung Wilis yang mengalir merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Di lokasi wisata ini juga terdapat spot foto yang Instagramable. Selain itu juga terdapat kolam dengan aneka wahana bermain anak yang seru dan mengasyikkan.

Lokasi Air Terjun Roro Kuning beralamat di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Air Terjun Sedudo

Selain Air Terjun Roro Kuning, di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur juga terdapat wisata Air Terjun Sedudo. Wisata alam yang satu ini cukup hits dan populer di masyarakat. Selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur.

Air terjun Sedudo ini berada di ketinggian sekitar 1438 mdpl. Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang begitu sejuk dan asri. Lokasinya juga sering digunakan untuk ritual tahunan tiap kali bulan Suro.

Ada pagar di sekeliling air terjun sehingga pengunjung tidak bisa berendam langsung di bawah air terjun. Spot foto kekinian dengan view yang indah membuat wisatawan yang berada di sana menjadi betah.

Jika Anda ingin menikmati suasana wisata Air Terjun Sedudo, datang saja langsung di alamat Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sendang Putri Wilis Nganjuk

Obyek wisata Sendang Putri Wilis di daerah berjulum Kota Angin ini menawarkan daya tarik utama berupa sendang alias kubangan air yang bisa dimanfaatkan untuk berendam, berenang, dan bermain air.

Terletak di daerah dataran tinggi yang bebas dari polusi limbah pabrik. Aliran air yang mengalir di sendang ini benar-benar sangat bersih dan jernih. Selain itu, udaranya juga terasa sejuk, khas daerah pegunungan.

Dari lokasi parkir Air Terjun Singokromo, objek wisata Sendang Putri Wilis hanya berjarak sekitar 200 meter saja. Wisata ini alam ini juga cukup populer di masyarakat.

Akses jalan menuju ke lokasi tersebut terbilang cukup mudah. Objek wisata ini bisa Anda temukan dengan mendatangi alamat Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Gua Margo Tresno Nganjuk

Tempat wisata di Kabupaten Nganjuk lainnya yang ramai dikunjungi adalah Goa Margo Tresno yang terletak di Dusun Cabean, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebelum tiba di Gua Margo Tresno, Anda akan merasa takjub dengan kondisi air yang jernih saat menuju lokasi tersebut. Selain mengusung konsep wisata bertema goa, wisata ini juga menyuguhkan wisata alam bersejarah sebagai jejak sejarah Perang Pajang.

Gua tersebut juga memiliki kesan magis. Gua Margo Tresno memiliki ukuran sekitar 15 x 50 meter. Di dalam gua terdapat banyak kelelawar yang mengeluarkan suara cericitannya.

Di kawasan wisata Gua Margo Tresno ini juga banyak pemandangan alam yang memesona. Banyaknya pepohonan hijau yang rindang menambah keasrian dan menyegarkan pandangan para pengunjung.

Belum lagi dengan adanya wahana berupa sendang ataupun kolam renang yang airnya berasal dari air sumber. Anda yang berlibur ke sana tentu juga bisa sekalian menikmati kesegaran dengan berenang di kolam itu.

Tempat wisata Gua Margo Tresno juga punya berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung liburan di sana, mulai dari area parkir, toilet, kantin, gazebo, playground, taman, dan lainnya.

Bukit Batu Songgong Nganjuk

Jika Anda ingin menikmati sunset, Bukit Batu Songgong adalah destinasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Pengunjung wisata ini disuguhkan keindahan pemandangan kota Nganjuk dan lereng dari gunung Wilis dari ketinggian.

Ketika hari matahari mulai terbenam, pengunjung bakal disajikan keindahan. Dari atas ketinggian bukit, akan terpesona dengan keindahan Kabupaten Nganjuk yang begitu luar biasa.

Tempat wisata di Nganjuk ini merupakan wisata hasil olahan warga setempat. Tepat berada di tengah lahan seluas 1 hektar, ditata sedemikian rupa memanfaatkan beberapa bebatuan unik, menjadi area taman yang indah dipandang mata.

Di lokasi wisata itu ada pola berbentuk jalan setapak membentuk lingkaran dan berwujud huruf S disusun memanfaatkan lempengan bebatuan, sehingga bentuk lingkaran yang dikelilingi oleh batu-batu ricing dan pada bagian tengah ada sebuah monumen kecil terbuat dari bahan bebatuan serupa.

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata bukit batu Songgong Nganjuk, maka harus datang alamatnya di Sembung, tepatnya Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Museum Anjuk Ladang Nganjuk

Pilihan wisata Nganjuk yang lainnya yakni Museum Anjuk Ladang. Di tempat ini banyak menyimpan barang-barang bersejarah, termasuk menyimpan prasasti Anjuk Ladang. Konon, prasasti tersebut merupakan cikal bakal terbentuknya Kabupaten Nganjuk.

Museum yang dibangun pada tahun 1993-1996 atas ide dari Bupati Nganjuk pada saat itu, R. Sutrisno, yang menghendaki seluruh benda cagar budaya yang ada di Nganjuk pada saat itu termasuk juga temuan nantinya bisa ditampung di Museum.

Museum Anjuk Ladang yang awalnya kantor Dinas Pariwisata dan Purbakala Kabupaten Nganjuk resmi difungsikan sebagai museum pada 10 April 1996 yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Nganjuk ke-1059.

Jika Anda berkunjung ke wisata bersejarah ini, maka akan paham alur sejarah lahirnya kota Nganjuk tersebut. Lokasi Museum Anjuk Ladang di Jl. Gatot Subroto Wringin Anom, Wringin Anom, Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Nah, itulah beberapa pilihan tempat wisata di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi untuk menikmati liburan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com