oleh

36 Kontingen Tuban Ikuti Porsadin Tingkat Provinsi di Bondowoso

Tuban, Jurnal Jatim – Sebanyak 36 kontingen Tuban mengikuti Porsadin (Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah) tingkat Provinsi Jawa Timur 2022 di Bondowoso. Mereka berangkat pada Sabtu (3/9/2022) kemarin.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Ahmad Munir mendukung penuh kontingen utusan Tuban untuk bertanding di Porsadin ke-5 yang dibuka langsung Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi pada Sabtu (3/9/2022) malam.

“Kabupaten Tuban punya sejarah, tepatnya 10 tahun silam pada event Porsadin 2012 di Surabaya pernah menjadi juara umum, semoga prestasi itu dapat terulang kembali tahun ini,” kata Munir dalam keterangannya, Minggu (4/9/2022).

Munir yakin 36 peserta akan juara karena mereka yang terbaik di Kabupaten Tuban di tingkat Madrasah Diniyah (Madin), yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Munir berpesan kepada seluruh kontingen dan official untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Tuban. “Tetep berlatih dan jaga kesehatan,” pesannya.

Menurut Munir esensi digelarnya Porsadin adalah sebagai sarana untuk menyambung silaturahmi dan menggali potensi seni islami. Tapi menjadi juara merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tuban.

Kepala Seksi Pondok Pesantren (Pontren) Kantor Kemenag Tuban, Hadi Sarjono menambahkan jumlah total yang berangkat ke Bondowoso ada 60 orang.

“36 kontingen, sisanya official dan panitia, mereka akan bertanding selama dua hari di Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Pihaknya optimis 36 peserta itu akan mampu bertanding di tingkat provinsi dan masuk juara. “Utamanya untuk lomba bacaan kitab kuningnya,” imbuhnya.

Adapun ke 16 cabang olahraga yang dilombakan adalah Tahfiz Juz Amma’; MQK Safinatunnaja; Cerdas cermat Diniyah, Pidato bahasa Indonesia; Pidato bahasa Arab; MTQ; Murotal Wal Imla’; Kaligrafi; Puisi Islami.

Kemudian Lari sprint 60 Meter; Lari Sprint 80 Meter; Bulu tangkis single; Bulu tangkis ganda; Tenis meja single, Tenis meja ganda dan Catur cepat. Kabupaten Tuban akan mengikuti semua cabor, selain Murotal Wal Imla’.

“Jadi kita mengikuti 15 cabang, semoga dapat berjalan dengan baik, lancar sesuai harapan,” pungkas Hadi.

Informasi yang dihimpun lomba mulai 2 sampai 4 September 2022. Kegiatannya akan dilaksanakan di tiga venue, di antaranya Ponpes Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki, Koncer Darul Aman, Kecamatan Tenggarang, Kemudian, di SKB – Stadion Magenda Bondowoso, dan di Kecamatan Maesan. (Lai).

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com