oleh

UMKM Magetan Diharapkan Melek Teknologi Berbasis Digital

Magetan, Jurnal Jatim – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur diminta untuk melek teknologi digital karena di era digital proses jual beli produk tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli.

Bupati Magetan Suprawoto mengungkapkan melalui teknologi digital saat ini, ekonomi masyarakat dapat meningkat sehingga angka kemiskinan di daerah itu dapat dihapuskan. Pun begitu, pelaku UMKM yang jualan secara digital harus tetap memegang kejujuran.

“Harus memegang kejujuran jangan sampai mengecewakan pembeli. Dunia bisnis itu keras,” pinta Suprawoto di Festival UMKM Magetan Beraksi Gaduktan Lapangan Gulun, Kecamatan Maospati pada Minggu (7/8/2022).

Menurut Bupati Suprawoto kejujuran dan keterampilan usaha berbasis digital menjadi bekal agar terciptanya kepercayaan dari pembeli dan peningkatan penjualan produk.

“Jika pendapatan pelaku UMKM bertambah, maka secara konsisten angka kemiskinan dapat dihapuskan,” ujar Suprawoto.

Lebih lanjut, Bupati Suprawoto mengajak para pelaku UMKM untuk berpartisipasi pada pelatihan Digital Talent Schoolarship (DTS) dari Kemkominfo.

“Masih ada kelas-kelas wirausaha berbasis teknologi digital yang bisa teman-teman ikuti,” kata orang nomor satu di Kabupaten Magetan ini.

Sementara itu, guna meningkatkan daya saing UMKM di era digital, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Kabupaten Magetan siap untuk membina pelaku UMKM binaan dalam mengurus hak merek.

“kami siap membantu UMKM binaan dalam mengurus hak merek. Membantu dalam artian membina dan memberikan pengertian bahwa hak merek itu penting bagi UMKM”, ujar Kepala Dinkop, Sukartini.

Sertifikat merek merupakan dokumen non-perizinan berupa bukti kepemilikan hak kekayaan intelektual (HAKI) yang tidak wajib namun penting dimiliki oleh pelaku usaha untuk melindungi hak kepemilikannya atas suatu merek dagang dan merek jasa tertentu.

Dengan memiliki sertifikat Merek itu diharap UMKM binaan Dinkopum dapat menjalankan usaha tanpa gusar terhadap pihak yang membajak atau menggunakan merek dagang dan merek jasa yang sama tanpa izin.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.