oleh

Truk Ini Bergoyang-goyang Lalu Terguling di Jombang, Begini Kondisinya

Jombang, Jurnal Jatim – Truk nopol AD 9335 BV terguling di jalan raya tikungan pertigaan Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Jombang, Jawa Timur, Selasa malam (9/8/2022) sekitar pukul 19.30 WIB.

Untungnya kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa. Sopir Ridwan Arif Wijaya (31) warga Denden, Desa Jambatan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, selamat.

Meskipun tidak menimbulkan kemacetan panjang, namun pengendara yang akan lewat sedikit terganggu. Setiap mobil tidak dapat saling mendahului lantaran mereka harus berkendara di satu lajur.

“Kemacetan tidak terlalu panjang, namun (arus) memang agak terhambat,” kata Kanit Patroli Satlantas Polres Jombang, Iptu Ali Efendi kepada wartawan di lokasi kejadian.

Truk dengan muatan bahan bangunan itu, kata Ali, melaju dari arah Timur dan hendak berbelok ke selatan menuju arah Nganjuk. Ketika mendekati pertigaan, pengemudi truk mengurangi kecepatan, sebab hendak belok. Selain itu, kondisi aspal jalan juga agak bergelombang.

“Truk datang dari arah timur. Saat pertigaan Ngrandu (Cangkringrandu) hendak menuju ke arah selatan. Ketika di tikungan, muatan KCP (bahan bangunan) bergoyang-goyang,” katanya.

Sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan mobil lalu pengemudi tidak bisa menguasai kemudinya kemudian terguling di Jalan Raya Surabaya-Madiun tersebut.

Menurut Ali, berdasarkan keterangan sopir, mobil membawa muatan bahan bangunan seberat lima ton dari Sidoarjo dengan tujuan Solo, Jawa Tengah. Namun, nahas saat truk mengalami kecelakaan tunggal di Jombang.

“Muatannya kan di tengah. Dan KCPnya itu hampir terlihat kayak plastik. Jadi pada saat di tikungan, mobil bergoyang dan (muatan) bergeser yang membuat ketidakseimbangan muatan sehingga truk pada saat belok ke kiri sopir tidak bisa kuasai kemudinya sehingga terguling,” kata Ali memberikan penjelasan ulang kejadian tersebut.

Kejadian tersebut, lanjut Ali, tidak sampai memakan korban jiwa. Menurut dia, kondisi jalan saat itu juga tidak terlalu ramai. Sopir tidak luka dan sehat. Sementara untuk mobil truk mengalami kerusakan.

“Kondisi sopir alhamdulillah tidak ada cidera, sopir truk selamat dalam kejadian ini,” ucap Kanit Patroli ini.

Evakuasi kendaraan truk yang terguling di badan jalan poros nasional berlangsung beberapa jam. Selain mendatangkan mobil derek, juga mendatangkan truk lain untuk membantu proses evakuasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.