oleh

Semarak Karnaval di Turipinggir Jombang untuk Pererat Silaturahmi

Jombang, Jurnal Jatim – Beragam kesenian daerah ditampilkan dalam pawai karnaval di Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/8/2022).

Iring-iringan karnaval terlihat gegap gempita dengan balutan pakaian penuh warna warni, sesuai tema yang diperankan masing-masing peserta.

Selain membawa replika kendaraan militer seperti tank, kapal perang, pesawat tempur dan kapal selam, para peserta karnaval juga menggunakan berbagai macam kostum unik. Ada yang layaknya sebagai petani, pengantin, jemaah haji, hantu dan masih banyak lagi.

Ribuan peserta ikut berpartisipasi dalam pawai karnaval untuk memperingati hari kemerdekaan ke 77 tahun ini. Para peserta cukup semangat dan antusias mengikutinya.

Berbagai atraksi yang ditampilkan peserta pun membuat penonton berdecak kagum, hingga terkadang menimbulkan gelak tawa ribuan penonton di tepi jalan raya desa.

Momen kemerdekaan tahun 2022 memang ditunggu masyarakat sekitar. Sebab, 2 tahun sebelumnya tidak ada hiburan lantaran pandemi COVID-19.

Adapun rute karnaval berjalan melewati di beberapa dusun dengan jarak tempuh sejauh 5 kilometer. Peserta ada yang jalan kaki, juga ada yang membawa kendaraan.

Pawai karnaval dimulai dari SDN Turipinggir 01 dan berakhir (finish) di balai pertemuan Dusun Paras, Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh.

Keseluruhan peserta yakni adalah seluruh warga Desa Turipinggir yang ditotal ada 21 grup dalam gelaran pawai tahun ini. Peserta karnaval merupakan perwakilan tiap RT dan Lembaga pendidikan desa setempat.

Kepala Desa Turipinggir, Gunasir Wibowo mengatakan, karnaval budaya digelar untuk memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI dan peserta menampilkan seni kebudayaan daerah.

Menurut dia, kegiatan ini sangat mengobati kerinduan masyarakat yang telah lama dinantikan, sebab ,tradisi rutin itu sempat berhenti lantaran pandemi COVID-19.

“Antusias masyarakat sangat tinggi. Melalui karnaval ini diharapkan tali silaturahmi antar warga kian erat dan terawat,” kata Gunasir, Minggu (21/8/2022).

Sementara itu, Maimunah, salah satu warga yang menyaksikan karnaval mengaku sangat senang sekali.

“Warga sangat senang, mereka membuat macam-macam kreasi dalam karnaval untuk memeriahkan kemerdekaan tahun 2022 ini. Semoga karnaval tahun berikutnya kembali terlaksana,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.