oleh

Pipa Bocor, Pabrik Bahan Triplek di Bulurejo Nganjuk Kebakaran

Nganjuk, Jurnal Jatim Kebakaran melanda pabrik bahan triplek yang berlokasi di Jalan Bulurejo Dusun Lobeser, Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin, (29/8/2022).

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito, pabrik bahan triplek terbakar diduga akibat kebocoran pada pipa tungku pemanas.

“Kebocoran pada pipa tungku pemanas atau oven kayu saat dilakukan pengeringan kayu,” kata Sujito dalam keterangannya.

Sujito mengatakan, berdasarkan keterangan pegawai, pada saat melakukan pengeringan kayu terjadi kebocoran pada pipa dan keluar api.

“Dan membakar bahan baku triplek yang ada di dalam oven,” ujarnya.

Awalnya, upaya pemadaman api dilakukan secara manual dengan menggunakan alat seadanya. Namun, upaya itu tidak berhasil lantaran api cepat membesar.

Peristiwa kebakaran di pabrik triplek milik Tavip Riyanto (58) asal Geluran, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo itu kemudian dilaporkan ke pemadam kebakaran.

Setelah mendapat laporan, tiga unit Damkar dan 2 unit mobil tangki suplai BPBD Nganjuk beserta personel langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Kami menerima laporan kebakaran sekitar jam 09.00 WIB dan langsung menuju lokasi,” kata Sujito.

Setibanya, petugas melakukan penyemprotan pada titik api. Selain itu, petugas Damkar juga melakukan pembasahan di sekitar kebakaran agar api tidak merembet.

Sekitar satu jam kemudian, kobaran si jago merah itu berhasil dijinakkan oleh petugas Damkar. Sujito menyebut, tidak ada korban dalam insiden tersebut. Pemilik pabrik hanya mengalami kerugian materil.

“Untuk korban jiwa dan luka nihil. Kerugian materil akibat kebakaran ini diperkirakan Rp150 juta” tandasnya.

Setelah dipastikan api padam, polisi yang ada di lokasi, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna memastikan penyebab terjadinya kebakaran itu.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.