oleh

Jamasan Waranggana di Bojonegoro Diikuti 26 Orang, Ini Tujuannya

Bojonegoro, Jurnal Jatim – Tradisi Jamasan Waranggana telah dilaksanakan di Sendang Bedander, Pesanggrahan Dander Waterpark, Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (25/08/2022).

Jamasan Waranggana yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) tersebut untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022.

Kepala Disbudpar Budiyanto Kabupaten Bojonegoro dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah peserta jamasan tahun ini diikuti sebanyak 36 orang Waranggana.

Adapun pelaksanaan Jamasan berdasarkan UU nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan, Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 1 Tahun 2020 tentang pelestarian kesenian tradisional dan program kelestarian kesenian tradisional Kabupaten Bojonegoro.

“Jamasan Waranggana merupakan tradisi para sinden tayub menyucikan diri,” katanya menjelaskan.

Jadi, lebih lajut dia, Jamasan Waranggana itu adalah tradisi memandikan atau siraman Waranggana untuk melestarikan adat budaya di daerah tersebut.

Ia menjelaskan, tujuan Jamasan Waranggana adalah untuk melestarikan serta aktualisasi adat dan budaya yang ada daerah setempat.

Selain itu, dikatakan Budiyanto, diharapkan juga dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni tradisi dan budaya daerah.

“Ketiga, mengenalkan Jamasan Waranggana sebagai bagian dari tradisi Bojonegoro,” kata Budiyanto.

Lalu, dia melanjutkan, untuk memberikan fasilitas kepada seniman Bojonegoro, Jatim yang mengikuti Jamasan Waranggana ini.

Air yang digunakan untuk jamasan diambil dari 7 mata air sendang. Yaitu Sendang Giling Wesi, Sendang Sampang, Sendang Sumberarum, Sendang Cancung, Sendang Ngembab, Sendang Grogolan, dan Sendang Bedander.

“Air di sendang ini sakral dan dipercaya oleh masyarakat yang dapat melahirkan aura Waranggana,” ujarnya menandaskan.

Selain Kepala Disbudpar Budiyanto, hadir juga dalam jamasan Waranggana itu yakni Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Asisten Administrasi Umum Asda III.

Sejumlah Kepala OPD, Camat, Forkopimcam Dander, Komite Ekraf, Ketua Tim Pokok Pikiran Kebudayaan Bojonegoro serta Ketua Paguyuban Kange-Yune.

Pada akhir acara jamasan Waranggana, staf ahli Kabupaten Bojonegoro Elsadeba Agustina bersama Forkopimcam Dander melaksanakan jamasan kepada 36 orang waranggana yang menjadi peserta jamasan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.