oleh

1.520 Murid Ikut Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Selama tiga hari Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten digelar di Jombang, Jawa Timur. Sebanyak 1.520 orang murid mengikutinya, terdiri dari MI 634 siswa, MTs 425 siswa serta MA 461 siswa.

KSM berlangsung mulai Sabtu hingga Senin, 13-15 Agustus 2022. Lomba itu digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Jombang, Arif Hidayatulloh menyampaikan KSM merupakan ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kemenag Republik Indonesia.

“Mata ujian untuk MA adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Kemudian untuk MTs adalah Matematika, IPA terpadu dan IPS terpadu, dan untuk MI adalah Matematika terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi,” kata Arif dikonfirmasi, Minggu (14/8/2022).

Mantan Kepala TU di MTsN 5 Jombang ini menjelaskan, KSM tingkat kabupaten di Jombang, Jawa Timur digelar di beberapa tempat, yakni di MAN 1, MTsN 2, MTsN 3 dan MTs Perguruan Mualimat Cukir, Jombang.

Sebelum kompetisi digelar, Arif mengatakan pihaknya telah melaksanakan serangkaian proses mulai dari pendaftaran, verifikasi peserta, uji coba, hingga pelaksanaan.

“Pendaftaran peserta KSM dibuka 13 hingga 26 Juli 2022 lalu. Masing-masing satuan pendidikan dapat mendaftarkan maksimal 2 siswa untuk setiap bidang yang dilombakan. Pendaftaran melalui online, lewat website resmi Kemenag RI,” katanya.

Pada pelaksanaan KSM, Kasi Pendma dan staf bersama Kepala Kemenag Jombang Taufiqurrohman dan juga tim dari Kantor Wilayah Kemenag Jatim telah melakukan pemantauan lapangan pada hari pertama Sabtu (13/8/2022).

“Pemantauan di lapangan untuk memastikan pelaksanaan berjalan baik dan lancar,” kata Kasi Pendma Kantor Kemenag Jombang ini.

Pada kesempatan itu, Arif berpesan agar para siswa dapat memberikan yang terbaik, sehingga nantinya layak untuk mewakili Kota Santri Jombang pada ajang KSM tingkat provinsi dan Nasional.

“Sehingga bisa kembali mengharumkan nama daerah, khususnya Kabupaten Jombang ini,” pesan alumni IAIN Kediri ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.