oleh

Begini Cerita Perempuan Tuban Uang di ATM Berkurang Rp40 Juta

Tuban, Jurnal Jatim – Dwi Ratnawati, warga Tuban, Jawa Timur dikagetkan dengan uang yang tersimpan di ATM berkurang Rp40 juta setelah sebelumnya dirinya gagal melakukan penarikan di mesin ATM.

“Uang saya di ATM hilang sekitar Rp40 juta,” ungkap ibu rumah tangga asal Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Rabu (27/7/2022).

Dihadapan wartawan ia bercerita, mulanya pergi ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di kawasan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Seleko, Tuban, Selasa (26/7/2022).

Ia bermaksud untuk mengambil uang yang akan digunakan keperluan anaknya. Namun, di sana, kartu ATM miliknya tidak bisa masuk ke mesin.

“Tiba-tiba ada laki-laki menawarkan bantuan kepada saya untuk memasukkan kartu ATM saya ke mesin,” ujar perempuan berjilbab ini.

Setelah itu, Dwi kembali memasukkan kartu ATM ke mesin dan berhasil. Namun, nomor PIN (Personal Identification Number) yang ia masukkan selalu salah.

Dilayar mesin ATM itu muncul tulisan kartu tidak bisa difungsikan lantaran kesalahan memasukkan PIN. Bersamaan itu, diduga pria yang menawarkan bantuan telah kabur.

“Kelihatannya kartu ATM saya diganti (pelaku, red). Karena dilayar mesin ATM terdapat tulisan yang menyatakan ATM saya tidak berfungsi padahal nomor PIN yang saya masukan sama seperti biasanya,” ucapnya.

Mengetahui hal itu, wanita itu meninggalkan mesin ATM dengan kondisi panik menuju kantor BNI Tuban. Di sana, ia melaporkan jika kartu ATM tidak bisa digunakan untuk menarik uang dan mengecek saldo ternyata masih utuh.

“Kata pegawai (BNI) uang saya dalam keadaan aman, masih utuh. Karena transaksi terakhir saya hari Minggu,” katanya.

Selang dua menit setelah meninggalkan kantor bank, Dwi merasa terkejut karena mendapatkan pesan masuk berupa notifikasi melalui M-Banking.

Dalam pesan tersebut menyatakan sudah ada transaksi uang ke rekening BRI sekitar Rp40 juta. Ia kaget lantaran mengaku tidak pernah melakukan transaksi.

“Kejadian ini sudah saya laporkan ke Polres Tuban,” tegasnya.

Dwi menjelaskan ciri-ciri pria diduga pelaku yang membantu dirinya ketika berada di mesin ATM. Yakni mengenakan baju putih dan tidak mengenakan masker.

“Pelaku ciri-ciri pakai baju putih, tinggi, dan tidak pakai masker. Harapan saya supaya pelaku segera ditangkap, agar tidak ada korban lagi,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.